FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Diterjang Pandemi, Pengusaha Muda asal Subang Tekor Rp1.8 Miliar dan Ditolak Bank

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Pandemi Covid-19 berdampak serius terhadap gerak ekonomi warga. Salah satunya pengusaha muda asal Subang yang harus merugi Rp1.8 miliar dalam rentan waktu 5 bulan.

Pengusaha Muda, Riko Rifaldi (21) menelan kerugian tidak sedikit. Sejak Februari hingga Juni lalu, Riko harus menelan kerugian hingga Rp1.8 miliar.

Usaha Pemuda asal Desa Bojongkeding, Kecamatan Tambakdahan, Subang itu bergerak di bidang distributor sembako. Mengawali usahanya, jebolan SMAN 3 Subang ini berbekal Rp400 juta, hanya butuh sebulan omzet usahanya sudah tembus Rp5 miliar.

Namun kondisi usaha Riko berbalik 180 derajat memasuki 2021 ini. Dari catatan cashplow, usahnya mengalami penurunan sejak Februari 2021 ini. Kondisi itu terus berlanjut hingga bulan Juni kemarin.

BACA JUGA: Riko Rifaldi, Sultan Muda Dari Binong Subang. Cek Kekayannya...

"Ketahuan dari hasil audit Februari. Cuma pada waktu itu saya berfikirnya, mungkin lagi gak bagus, bulan depan insya Allah sudah stabil lagi. Ternyata malah terus berkurang. Dalam 5 bulan ini sekitar Rp1.8 miliar," kata Riko.

Kerugian besar ini, kata Riko ditimbulkan dari pengeluaran perusahaan lebih besar dari pemasukan. Menurutnya, sembako yang biasa didistribusikan ke tingkat agen tersebut mengalami penurunan dampak dari berkurangnya warga yang berbelanja.

"Kita kan mainnya di sembako ya, tentu saja yang belinya warga. Nah karena ekonomi warganya bermasalah, akhirnya pembelian warga berkurang, dan ini berdampak ke agen kami yang ujungnya ke kami," jelasnya

"Sebenarnya kalau dampak covid-19 ini saya sudah memprediksi, tapi dengan jumlah besar seperti ini, ini di luar prediksi,' imbuhnya.

Di tengah kondisi usahanya yang tidak baik, Riko masih tetap harus membayar gaji dan operasional kepada sekitar 80 karyawannya. Riko sendiri belum berniat untuk melakukan PHK.

"Saya tidak tega juga kalau PHK mereka. Maaf ya, mereka sampai bilang, gak apa-apa digaji berapapun asal tidak PHK. Akhirnya dengan berat hati saya ambil opsi kedua,' terangnya

Pengajuan Pinjaman Riko Ditolak Bank

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Oknum PNS Jualan Hasil Swab PCR Palsu, Ditawarkan Hingga Rp1,5 Juta https://t.co/GYk8Wq56rG
Ahli Gizi Buka Suara Soal Air Rebusan Mie Instan https://t.co/haymzyu6uH
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan https://t.co/1sfgN5xGgc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter