FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menilik Pesona Alam Curug Cileat Subang

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Bila mencari suasana tenang dan nyaman di objek wisata curug Subang, air terjun Cileat bisa menjadi pilihan Anda. Pesona alamnya dijamin bakal memanjakan mata Anda.

Wisata curug Subang memiliki daya tarik tersendiri, misalnya air terjun tertinggi di Kabupaten Subang yaitu Curug Cileat. Pemandangan alam di curug ini begitu cantik. Anda bisa menyaksikan derasnya air yang turun dari ketinggian sekitar 100 meter tersebut.

Letak Curug Cileat berada di tengah hutan di kawasan kaki Gunung Canggah. Alhasil, akses jalan menuju lokasi tersebut masih sangat sulit dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua. Untuk sampai ke lokasi Curug Cileat, Anda harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak.

BACA JUGA:
Ada Destinasi Wisata Religi di Masjid Endan Andansih Purwakarta

Tidak hanya lanskap pemandangannya yang indah, destinasi wisata curug Subang ini juga menyimpan cerita legenda yang berkembang di tengah masyarakat. Mengutip dari sejumlah situs pariwisata, penuturan warga setempat menyatakan kalau nama Cileat berasal dari bahasa Sunda yaitu tiporeat atau berarti terjatuh.

Dikisahkan pada zaman dahulu, terdapat dua orang pangeran di Subang yang berlomba pergi menuju laut. Kemudian, dalam perjalanannya, salah satu pangeran itu terpeleset di Curug Cileat. Hingga akhirnya, kata tiporeat disematkan sebagai nama air terjun tersebut.

Pesona Alam Curug Cielat

Berada di kaki Gunung Canggah, Kabupaten Subang, Curug Cileat menyuguhkan keindahan rindangnya pepohonan di dalam hutan. Udara di curug ini pun sangat sejuk dan kondisi airnya masih terawat.

Curug Cileat bisa Anda jadikan salah satu tujuan wisara curug Subang untuk mengilangkan stres. Sebab, meski cukup populer di kalangan wisatawan, suasana di Curug Cileat masih asri dan sepi. Suara gemuruh air yang turun dari atas ketinggian, akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.



BACA JUGA:
Belum Jadi Industri, Camat Tanjungsiang Akan Lakukan Konsep Wisata Terintegrasi

Di sekitar air terjun juga terdapat susunan bebatuan yang menambah cantik pemandangan Curug Cileat. Selain itu, tumbuhan liar yang hidup mengapit curug ini dan dapat Anda jadikan sebagai latar atau spot untuk berswafoto.

Pesona lainnya yang dimiliki Curug Cileat, adalah bentang alam dari Gunung Canggah. Gunung di Kabupaten Subang ini memiliki ketinggian sekitar 1.685 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara administratif, Gunung Canggah berada di Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Anda bisa menjelajah gunung tersebut dan melakukan pendakian.

Untuk mendaki Gunung Canggah, Anda bisa melewati jalur pendakian kampung Panyeredan atau kampung Citali. Pendakian Anda akan semakin mudah, karena beberapa pos pendakian di Gunung Canggah sudah dilengkapi petunjuk arah.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Di Negara Ini, Sebar Gosip di Medsos Bisa Didenda Ratusan Juta https://t.co/zr4Wa5DYFG
Pemkab Majalengka Kembali Guyur Kadeudeuh untuk Atlet Berprestasi di Peparnas XVI Papua 2021 https://t.co/nY2WzHqMWF
Daftar 5 Game VR Terbaik yang Dirilis Mulai Desember https://t.co/Hrrj9xmYNu
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter