FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pertamina Perbaiki Terumbu Karang dan Ubah Jadi Desa Wisata

Indeks Artikel



SURABAYA, TINTAHIJAU.COM - Kondisi terumbu karang di pesisir Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, mengalami kerusakan.

Subholding Upstream Pertamina melalui Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) yang termasuk dalam Zona 11 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina bekerjasama dengan nelayan memperbaikinya dan mengubah desa itu menjadi desa wisata.

Ketua Pokdarwis Payung Kuning Labuhan, Mohammad Sahril,  mengatakan PHE WMO mulai masuk pada 2014. Sahril menjelaskan, di lokasi tersebut semula penghijauan mangrove dan pelatihan. Dari situ kemudian terbentuk Taman Pendidikan Mangrove untuk mengatasi abrasi di lahan mangrove.

Sebelum program itu berjalan, 17,5 hektare lahan mangrove rusak parah, dan hanya 0,6 Ha dalam kondisi baik. Saat ini, taman itu telah menjadi area ekowisata yang dapat mendatangkan pengunjung maupun peneliti lokal hingga internasional. Pengelolanya adalah kelompok tani Cemara Sejahtera dari Desa Labuan.

Dari sana dikembangkan program Taman Wisata Laut Labuhan yang berfokus pada konservasi dan transplantasi terumbu karang pada 2017. Menurut Sahril, terumbu karang dulu rusak karena alat tangkap ikan tidak ramah lingkungan.

"Tapi sekarang dengan adanya pengawasan, termasuk dari masyarakat, semakin minim (penggunaan alat itu). Kami turut mengedukasi masyarakat pentingnya terumbu karang," kata Sahril.

Sejak 2017 hingga 2021, telah ditanam 877 fragmen karang yang dikelola Kelompok Sadar Wisata Payung Kuning. Ada dua titik transplantasi terumbu karang, yakni di Pulau Ajaib dengan kedalaman lima meter dan Taman Wisata Laut Terumbu Karang.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya https://t.co/ipPKujbNKu
Tiga Pejabat Posisi Vital di Lingkungan Pemkab Subang Pensiun https://t.co/4I5brX59KS
Jose Mourinho Kritik Kinerja Wasit Saat Roma Takluk dari Lazio https://t.co/P45dzDT5d6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter