FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

15 Destinasi Wisata Keren di Taman Nasional Gunung Ciremai yang Oke Banget untuk Tahun Baru



Ada 15 lokasi objek wisata alam yang kini dikelola oleh Kawasan taman nasional Gunung Ciremai yang kesemuanya sudah menjadi destinasi wisata bahkan pengunjung beberapa objek diantaranya  sudah mencapai lebih dari 300 orang per hari.

Dari 15 objek wisata yang semua pengelolaannya dikerjasamakan dengan masyarakat ini, TNGC mampu menyumbang pendapatan hingga kurang lebih sebesar Rp 1 milyar ke kas negara. Serta adanya pemberdayaan masyarakat sekitar lokasi wisata.

Menurut keterangan Kepala Resort Wisata TNGC Majalengka Gandi Mulyawan, objek wisata yang dikelola TNGC ini hampir seluruhnya menyuguhkan panorama alam nan indah dan curug atau air terjun, termasuk juga Situ Sanghiyang yang menjadi tempat wisata jiarah disamping wisata alam.

"Sekarang yang sedang menjadi destinasi adalah objek wisata Bumi Perkemahan Cidewata dan Gunung Ciwaru, keduanya berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Kunjungan wisatawan setiap harinya mencapai 300 orang. Jumlahnya jauh melebihi objek wisata lainnya yang dikelola oleh TNGC," ungkap Gandi, Jumat (22/12/2017).

Gandi mengatakan, semua objek wisata yang dikelolanya mengenakan tiket masuk kepada setiap pengunjung sebesar Rp 15.000 per orang, kecuali tiket mendaki ke Gunung Ciremai sebesar Rp 50.000 per orang. Itu sudah teramsuk dana asuransi bagi setiap pengunjung. Asuransi ini disediakan untuk menjaga kemungkinan para pengunjung wisata mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan pasilitas yang disediakan di tiap tempat berpariasi, namun pasilitas standar seperti toilet, mushola, gazebo dan tempat-tempat swafoto tersedia di seluruh objek wisata. Di beberapa tempat lainnya tersedia wahana permainan seperti sepeda gantung, olah raga air, serta sarana outbound.

Sehingga bagi lembaga atau organisasi apapun yang akan melaksanakan kegiatan outbound bisa diselenggarakan di kawasan wisata yang dikelola oleh TNGC seperti di Gunung Seribu Bintang, Gunung Ciwaru di kaki Gunung Ciremai, Bumi Perkemahan Apuy atau Buper Cidewata. Di sana tersedia tenaga yang sudah dilatih oleh pihak TNGC. "Kami sudah melatih sejumlah instruktur yang bisa memandu acara outbound," kata Gandi.

Sementara itu kendala untuk mencapai seluruh objek wisata alam ini hampir seluruhnya akses jalan, kondisi jalan yang kecil serta ada beberapa yang tidak beraspal, kondisinya bebatuan atau jalan licin jika musim penghujan. [Abduh]



Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Promosi dan iklan: 085352324271