FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Mengenal Kandungan dan 3 Manfaat Cabai yang Jarang Diketahui

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Cabai atau cabe adalah buah dan tanaman yang berasal dari genus capsicum. Di Indonesia, cabai merupakan salah satu buah yang lazim digunakan sebagai bumbu masak berkat rasa pedasnya.

Namun, tak hanya dapat meningkatkan cita rasa atau meningkatkan aroma makanan. Cabai juga dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Sebab, cabai diketahui memiliki berbagai kandungan nutrisi penting dan senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui. Lantas, kira-kira apa saja manfaat cabai yang jarang diketahui? Yuk, ketahui ulasannya di sini!


Perlu diketahui bahwa pada satu sendok makan (15 gram) cabai merah mentah segar mengandung nutrisi seperti:

    Kalori: 6 kal.
    Air: 88 persen.
    Protein: 0,3 gram.
    Karbohidrat: 1,3 gram.
    Gula: 0,8 gram.
    Serat: 0,2 gram.
    Lemak: 0,1 gram.

Selain beberapa kandungan nutrisi tersebut, cabai juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Untuk vitamin, diketahui buah ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin K1. Sementara untuk kandungan mineralnya, cabai memiliki kandungan potasium dan copper.

Menariknya lagi, buah ini juga memiliki beberapa senyawa tanaman bioaktif. Misalnya seperti capsanthin, violaxanthin, lutein, capsaicin, sinapic acid, dan ferulic acid.

Manfaat Cabai yang Jarang Diketahui

Berdasarkan kandungan nutrisi dan senyawa tanaman bioaktifnya, terdapat beberapa manfaat cabai yang jarang diketahui, antara lain: