FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Berkenalan dengan Docang, Kuliner Khas Cirebon yang Kabarnya Sudah Populer Sejak Era Wali Songo




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Kota Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki berbagai macam kuliner khas, salah satunya ialah Docang.

Docang merupakan salah satu kuliner khas Corebon yang konon kabarnya sudah mulai populer sejak jaman Wali Songo.

Bagi anda yang belum tahu, Docang mirip dengan lontong sayur walau agak sedikit berbeda tentunya. Makanan ini terdiri dari potongan lontong, sayur-sayuran dan parutan kelapa. Semua bahan yang telah tercampur tadi kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran oncom.

Beberapa sayur-sayuran yang terdapat pada docang antara lain adalah daun singkong, daun pepaya dan tauge yang sebelumnya sudah direbus. Tidak ketinggalan, dalam penyajiannya docang juga selalu dihidangkan dengan remasan kerupuk putih.

Di Cirebon sendiri, docang umumnya dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Namun demikian, tidak jarang juga dapat ditemukan para penjual docang yang biasa berdagang di siang hingga malam hari.



BACA JUGA:
Geco, Makanan Khas Cianjur yang Nyaris Punah

Salah satu penjual docang yang biasa berdagang pagi hingga malam hari adalah Docang Wiwi. Nama Docang Wiwi sendiri diambil dari nama sang pemilik, yaitu ibu Wiwi (60). Hingga saat ini, ia sudah berjualan Docang lebih dari 30 tahun.

"Jualan sih sudah sekitar 30 tahun. Dulu Ibu (Wiwi) yang jualan. Sekarang gantian jualannya. Saya jualan dari jam 6 pagi sampai sekitar jam 3 sore. Habis itu gantian Ibu yang jualan dari sore sampai malam," kata Nia (27), anak Ibu Wiwi saat berbincang dengan detikJabar di Kota Cirebon, Rabu (10/8/2022).

Di tempat Ibu Wiwi, satu porsi docang dijual dengan harga Rp 12 ribu. Sementara jika ingin mendapat tambahan satu piring kerupuk, pelanggan cukup mengeluarkan uang Rp5 ribu.

Bagi yang penasaran dengan cita rasa docang khas Cirebon, bisa datang langsung ke tempat penjualnya, yaitu Docang Wiwi. Lokasinya berada di Jalan Kesambi Raya, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jika dari Stasiun Prujakan, tempat penjual Docang ini hanya berjarak kurang dari 1 Kilometer.

Jalan Raya Kesambi sendiri bisa dibilang merupakan salah satu kawasan wisata kuliner malam di Kota Cirebon. Selain penjual docang, di kawasan ini juga ada penjual beragam sajian kuliner lainnya. Seperti nasi kuning dan lain-lain.

Sumber: detikcom

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.