FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pengusaha Kuliner Jalakotek Majalengka Dinobatkan Sebagai Icon Inspiratif AKI dari Menparekraf





MAJALENGKA, TINTAHIAU.com - Perjuangan Pelaku Usaha Kuliner asal Majalengka Asep Hermawan membuahkan hasil manis. Dia
dinobatkan menjadi "Icon Inspiratif Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Cirebon" oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Usaha kuliner Jalakotek yang digeluti Asep Hermawan (21) warga Kecamatan Banjaran, Majalengka sejak tahun 2016 lalu membuahkan double succes. Bukan saja sukses di sisi penjualan, usaha kulinernya itu dinobatkan sebagai Icon Inspiratif Apresiasi Kreasi Indonesia dari Menparekraf

Asep lolos seleksi masuk 400 besar dari 6500 peserta yang mengikuti seleksi AKI 2022 se-Indonesia.  Karenanya dia berhak ikut pameran yang ditinjau langsung Mentri Kepariwisataan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Grage City mall Cirebon 17-19 Mei 2022.

"Ngga nyangka banget ya bakal lolos, masuk finalis. Untuk majalengka sendiri ada 3 orang yang lolos yaitu dari Jatitujuh, Sindangwangi dan saya dari Banjaran," ungkap Asep.

BACA JUGA:
Bocah di Kadipaten Majalengka 'Disunat Ghaib' Usai Buang Air Kecil,

Usai mendapat pemberitahuan lolos 400 finalis, dia mengaku mendapat undangan untuk mengikuti boothcamp yang digelar di Grage City Mall Cirebon.

Selama ikut berpartisipasi di acara kemenparekraf RI dan mengadakan pameran di Grage City Mall Cirebon selama tiga hari, Asep mendapatkan kejutan dari Mentri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dengan ditunjuknya ia sebagai Icon inspiratif AKI 2022 wilayah Cirebon. "Alhamdulillah saya dinobatkan sebagai icon inspiratif AKI Cirebon, ini diluar dugaan," katanya.

Jalakotek, merupakan Salah satu kuliner asal Majalengka, Jawa Barat yang kini jadi trend makanan anak-anak milenial Majalengka bahkan merambah keluar daerah

Makanan berbentuk seperti pastel atau cireng berbahan dasar campuran tepung terigu dan tepung tapioka ini, memiliki sisi unik yaitu isiannya adalah tumisan berisi tahu dan toge. Untuk lebih nikmat saat dimakan, jalakotek yang sudah digoreng biasanya akan diberi taburan bumbu tambahan  dan juga sambal.

Meski sederhana, kuliner ini justru hadir di tiap tempat khususnya di Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Asep berjualan Jalakotek di Jl. Siti Armilah  Majalengka kulon, dengan memanfaatkan trotoar sebrang sebuah rumah Tahfidz  Qur'an Majalengka.

Dari hasil penjualan Jalakotek, omset setiap hari Asep sebesar Rp 700 Ribu. Asep memulai usahanya itu sejak lulus SMA

"Sejak lulus SMA tahun 2019, sudah memulai usaha Jalakotek ini. Namun dulu masih belum punya tempat dan jualan secara online saja di rumah,' kata Asep

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat hadir di Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Cirebon, menyatakan dirinya hadir untuk mendorong dalam mengembangkan produk-produk ekraf untuk naik kelas, mendorong pelaku ekraf Cirebon agar bisa mengenal pasar Indonesia dalam memasarkan produk-produknya. (Echa)





FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tipu Banyak Mama Muda di Medsos, Pria Ini Dibekuk Polisi https://t.co/80DpyNqAZB
Holywings Ditutup Pemprov Jakarta, Nikita Mirzani Buka Suara https://t.co/KjGjoysV9s
Keluarga Berikan Klarifikasi Terkait Hilangnya Marshanda di AS, Saat Ini Baik-baik Saja https://t.co/0cnG7JgaHg
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter