FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tips Memasak Cumi Asin Agar Tidak Alot dan Jadi Semakin Gurih

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Cumi asin menjadi lauk populer karena rasanya gurih enak. Agar mendapatkan cumi yang empuk dan gurih, perhatikan cara memasak cumi asin ini.

Selain beragam jenis ikan asin, cumi asin termasuk yang paling banyak digemari. Seperti ikan asin, cumi asin tergolong salah satu olahan seafood yang bertujuan untuk mengawetkan. Pemakaian garam untuk menghambat proses pembusukan.

Karena merupakan produk olahan yang tinggi garam, mengolah cumi asin sama dengan ikan asin perlu trik agar cumi kembali segar dengan rasa asin atau gurih yang tidak berlebihan.

Cumi asin enak diolah dengan berbagai bumbu. Yang paling populer dibuat sambal, cabe ijo dan cabe rawit atau kecombrang. Rasa pedas menyengat membuat rasa cumi lebih gurih enak.

Sebelum mengolah cumi asin, perhatikan cara memasak cumi asin berikut ini agar jadi sajian cumi yang lezat.

1. Jenis Cumi Asin

Cumi asin yang dijual di pasaran ada beberapa jenis. yang pertama cumi sero yang pipih panjang. Panjangnya sekitar 8-10 cm. Warnanya keunguan dengan lapisan garam yang tipis.

Yang kedua cumi kecil atau baby cumi. Ada baby cumi yang biasa dengan panjang 2-3 cm. Baby cumi biasanya berikut kepalanya. Ada juga baby cumi bertelur dengan panjang 1-2 cm, badannya buncit menggelembung dan agak keras.

Pemilihan jenis cumi asin bisa sesuai selera atau disesuaikan dengan jenis masakan cumi yang akan dibuat. Jenis baby cumi terutama yang kecil dan bertelur, paling cocok dibuat sambal. Sementara cumi sero bisa ditumis dengan cabe atau bumbu lainnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Aku selalu merasa seperti orang miskin saat aku punya banyak uang." ~Pablo Picasso~ https://t.co/MF1XMM9L6u
Wow! Nokia 6310 Hadir Kembali, Tentu Dengan Fitur yang Lebih Mumpuni https://t.co/Fc1IZAWSyL
Inilah Tips Fashion untuk Tampilan Awet Muda https://t.co/qjAfil4I9B
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter