FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tips Cara Memasak Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Sebentar lagi umatr Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri, biasanya menu daging selalu hadir, karena itu pada tulisan kali ini kami ingin memberikan sedikit tips tentang cara memasak daging agar tidak alot dan cepat empuk.

Karena seperti kita tahu bahwa beberapa jenis dan bagian potongan daging sapi ada yang sulit empuk. Beberapa membutuhkan waktu perebusan hingga berjam-jam untuk empuk.

Bagian yang sulit empuk di antaranya adalah bagian sengkel, leher, atau sandung lamur. Selain itu, sapi yang berumur lebih tua juga seringkali dianggap lebih keras sehingga sulit empuk.

Setiap bagian daging jika direbus dalam waktu yang cukup pasti akan empuk. Namun, perebusan yang lama akan berdampak pada penggunaan gas yang juga boros.

Maka dari itu, diperlukan trik khusus agar bisa merebus daging hingga empuk tanpa menghabiskan waktu terlampau lama.

BACA JUGA: Begini Cara Bikin Opor Ayam yang Tahan Hingga Lebaran

Menurut Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso, salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan tenderizer atau pengempuk daging.

Ada beragam jenis bahan pengempuk yang bisa kamu gunakan ketika merebus daging. Dua di antaranya merupakan bahan alami yang mudah ditemukan dan cukup efektif mengempukkan daging.

“Tenderizer secara umum yang bisa dipakai itu dari daun pepaya. Kemudian juga dari nanas,” kata Stefu ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

1. Daun pepaya

Getah pada daun pepaya akan membantu membuat daging lebih mudah empuk ketika direbus.

Cara penggunaannya adalah dengan meremas-remas daun pepaya sedikit hingga getahnya bisa keluar. Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan selama beberapa waktu.

Setelah itu lepas bungkusan daun pepaya dan rebus daging hingga empuk dan matang. Biasanya daging akan membutuhkan waktu lebih singkat untuk bisa empuk.

Namun hati-hati, jangan terlalu banyak menggunakan daun pepaya dan jangan juga terlalu lama membungkus daging.

Daging akan sangat mudah empuk, sehingga akan mudah hancur ketika direbus. Daun pepaya juga bisa memengaruhi rasa daging.

“Kalau kelamaan dibungkus daun pepaya itu akan getir juga dagingnya nanti,” imbuh Stefu.



Baca selengkapnya di halaman berikutnya



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya https://t.co/ipPKujbNKu
Tiga Pejabat Posisi Vital di Lingkungan Pemkab Subang Pensiun https://t.co/4I5brX59KS
Jose Mourinho Kritik Kinerja Wasit Saat Roma Takluk dari Lazio https://t.co/P45dzDT5d6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter