FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hindari Rentenir, Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Dorong Pemerintah Bantu Petani Ikan Pindang

Indeks Artikel



KARAWANG, TINTAHIJAU.COM - Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke sentra ikan pindang di Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Rabu (14/12/2022).

Seperti diketahui wilayah Cicinde Utara menjadi sentra pembuatan ikan pindang yang nantinya dijual ke seluruh pasar khususnya wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengatakan dari kunjungan tersebut ada beberapa hal yang telah dirumuskan untuk mendorong peningkatan produksi dan pendapatan para pemindang.

"Yang pertama kita ingin adanya perubahan tata kelola pemindangan. Pertama diarahkan agar memiliki sanitasi IPAL komunal sehingga tidak ada lagi pembuangan bekas pencucian ikan ke saluran air," ujar Dedi Mulyadi.

Selama ini setiap rumah yang memproduksi pindang membuang air sisa produksi seperti darah ikan ke saluran ke got. Namun nantinya seluruh rumah produksi akan terintegrasi melalui sambungan pipa ke IPAL komunal untuk pembuangan sisa produksi.

Selanjutnya Dedi juga mengusulkan agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mendorong bantuan pembuatan badeng atau panci pengolahan ikan pindang. "Kita dorong agar memakai badeng yang terbuat dari stainless. Karena kan selama ini mereka masih menggunakan plastik," katanya.

Hal lainnya adalah Dedi selaku ketua rombongan kunjungan kerja juga mengusulkan agar KKP memberikan bantuan mobil angkutan berpendingin untuk mengangkut ikan dari Jakarta ke Cicinde. Sehingga kualitas ikan tetap terjaga.