FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Subang Raih Penghargaan Sebagai Lumbung Padi ke-3 Nasional dari Menteri Pertanian



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Bupati Subang H. Ruhimat menerima Penghargaan di bidang Pertanian Tahun 2022, di Lapangan Kementerian Pertanian, Minggu 14 Agustus 2022.

Bupati menerima penghargaan bidang pertanian terkait kontribusi kinerja pemerintah daerah pada komoditas padi tahun 2021 tingkat Kabupaten, dengan produksi padi tahun 2021 sebanyak 959.456 Ton.

Selain Subang, Kabupaten penerima penghargaan lainnya adalah Kabupaten Indramayu, Karawang, Banyu Asin, dan Bone.

Bupati Subang menghaturkan terima kasih kepada para petani di Subang atas pencapaian peringkat 3 nasional produksi padi. Dia mengajak seluruh elemen masyarakat Subang untuk pertahankan status Subang sebagai daerah lumbung padi nasional. “Yuk kita pertahankan status lumbung padi nasional dan kolaborasikan antara petani tradisional dan modern,” kata Bupati

Menteri Pertanian Dr.H. Syahrul Yasin Limpo menyatakan Penghargaan yang diberikan tersebut bukanlah penghargaan abal-abal, penghargaan tersebut sudah melalui riset. Yasin pun berpesan kepada kepala daerah dan pejabat yang hadir agar bersiap menghadapi krisis pangan dunia.

"Penghargaan tersebut adalah penghargaan akbar untuk bangsa ini. Kita harus tetap bersiap-siap, pandemi belum usai, dan selanjutnya ada climate change yang mengakibatkan inflasi dan kelangkaan pangan. Walau negara lain dihantam gelombang dan badai, Indonesia akan kokoh karena pertanian," kata Yasin.

Dia menyampaikan ketahanan pangan Indonesia adalah yang terbaik. Hal tersebut terbukti dengan Indonesia tanpa impor beras dalam 3 tahun ke belakang. "Saat ini kita mengulang kembali kejayaan 38 tahun lalu (Swasembada beras 1984) Inilah yang kita persembahkan pada bangsa ini, kita mempunyai beras bahkan over stock 10,2jt Ton." Ujar Yasin.

Mentan menyampaikan bahwa Indonesia diakui oleh dunia pada bidang ketahanan pangan, bahkan pada inflasi yang melanda dunia, Indonesia termasuk yang terendah, yaitu di bawah 4%. Yasin mengutip Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati yang mengatakan "Bantalan Indonesia menghadapi covid adalah pertanian"

Yasin juga mempresentasikan strategi baru dan langkah operasional menghadapi krisis pangan global. Dirinya secara optimis mengajak kepada kepala daerah dan jajarannya untuk mendukung pengembangan pertanian di Indonesia. "Ayo para kepala daerah, saya masih punya 20an Triliyun KUR (Kredit Untuk Rakyat), untuk disalurkan kepada petani" katanya




FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.