FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Mulai Dua Dekade dari Sekarang Pemerintah Akan Hentikan Penjualan Mobil dan Motor dengan Pemakaian BBM

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Jangan berharap menemukan dealer yang menjual sepeda motor berbahan bakar minyak dan mobil berbahan bakar bensin lagi di Indonesia. Karena semua kendaraan yang akan mereka jual menggunakan mesin penggerak berteknologi energi baru dan terbarukan serta net zero emission.

Semua itu dimulai sekitar dua dekade dari sekarang. Itupun kalau rencana pemerintah yang disampaikan Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tarif benar-benar diwujudkan.

Dalam rencana mulai tiga dekade mendatang, pemerintah akan sepenuhnya menggunakan mesin yang memanfaatkan energi baru dan terbarukan (EBT) serta net zero emission.

BACA JUGA:
Motor Masa Depan! Motor Listrik Indonesia Dengan Jarak Terjauh Saat Ini

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tarif, sepeda motor yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) akan dihentikan penjualannya pada 2040. Pun mobil yang menggunakan bensin, akan dihentikan penjualannya lima tahun berikutnya.

"Transformasi menuju net zero emission menjadi komitmen bersama kita paling lambat 2060," kata  Arifin dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Rabu (12/10/2021).

Dalam mencapai target nol emisi, pemerintah menerapkan 5 prinsip utama. Yaitu peningkatan pemanfaatan EBT, pengurangan energi fosil, kendaraan listrik di sektor transportasi, peningkatan pemanfaatan listrik pada rumah tangga dan industri, dan pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS).

"Kami telah menyiapkan peta jalan transisi menuju energi netral mulai tahun 2021 sampai 2060 dengan beberapa startegi kunci," ujar Arifin.

Arifin pun menguraikan tahapan pemerintah menuju capaian target nol emisi. Di tahun 2021, pemerintah akan mengeluarkan regulasi dalam bentuk Peraturan Presiden terkait EBT dan retirement coal.

"Tidak ada tambahan PLTU baru kecuali yang sudah berkontrak maupun sudah dalam tahap konstruksi," ucapnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah Tips Fashion untuk Tampilan Awet Muda https://t.co/qjAfil4I9B
Sempat Kejar-kejaran, Polisi Lumpuhkan Pencuri Truk di Tol Cipali Subang https://t.co/j9df1J9PF3
Menurut YLKI, Pinjol Ilegal dan Legal Tidak Ada Bedanya https://t.co/VSZG4OUHa6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter