FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Inilah Tips Agar Komputer Windows Tidak Terkena Virus

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Sejak pandemi melanda semakin banyak orang yang memliki komputer entah itu laptop maupun desktop PC, karena saat pandemi kebanyakan dari kita diharuskan untuk bekerja dan belajar secara remote dengan bantuan perangkat komputer.

Dewasa ini, komputer juga tidak hanya digunakan untuk bekerja dan belajar namun juga sebagai alat komunikasi dan hiburan entah itu untuk mendegarkan musik maupun menonton film.

Harga komputer pun relatif murah, tergantung kepada speksifikasi internal serta eksternalnya, sehingga bagi mereka yang baru mempunyai budget terbatas masih dapat membeli komputer dengan harga murah, begitu juga sebaliknya.

Namun, selama menggunakan komputer tak selalu menyenangkan, kadangkala seseorang kemudian harus merasa kesal karena komputer yang terkena virus. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi pemilik komputer untuk mengetahui cara mencegah komputer terkena virus yang akan dibahas pada artikel ini. Namun, sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya kita membahas penyebab komputer terkena virus terlebih dahulu.

Penyebab Komputer Terkena Virus

Virus pada komputer berbeda dengan virus yang menyerang manusia, virus yang sering menyerang sebuah komputer tidak akan menyerang manusia, begitu juga sebaliknya. Lalu, timbullah pertanyaan mengapa komputer terserang virus?

Pada dasarnya, ketika komputer pertama kali diproduksi, ia tidak terkena virus dan yang menyebabkannya berasal dari pengguna komputer itu sendiri. Jika komputer terkena virus, maka bisa memperlambat sistem kerja dari komputer itu sendiri, seperti loading yang lama, komputer menjadi hang, dan sebagainya.

Flashdisk, Memori yang Sudah Terkena Virus

Virus komputer bisa muncul dari perangkat yang berpindah-pindah, salah satunya adalah flashdisk. Ketika menggunakan flashdisk pada suatu komputer, kemudian virus tersebut masuk ketika kamu mengambil file. Selain itu, virus juga bisa terbawa melalui perangkat harddisk eksternal.

Adapun jenis virus yang biasanya terdapat di dalam flashdisk, seperti autorun. Bahkan, lebih parahnya lagi, virus autorun ini terkadang sulit sekali untuk dihilangkan dengan mudah apabila menggunakan anti virus gratisan.

Pada umumnya, file autorun ini terletak di jendela depan suatu flashdisk. Oleh sebab itu, pengguna sudah seharusnya untuk berhati-hati dan jangan melanjutkan apabila sudah menemukan file autorun.



Men-Download Sembarangan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar IT menyebutkan bahwa komputer yang tak pernah terhubung ke Internet memiliki risiko yang rendah untuk terserang virus. Hal ini sangat berbeda dengan komputer yang selalu terkoneksi dengan Internet.

Virus seperti diantaranya pada trojan, worm hingga malware bisa dengan mudahnya masuk ke komputer. Pada umumnya, virus yang masuk ke komputer karena adanya jaringan internet adalah men-download sembarangan. Contohnya, ketika kamu men-download game ilegal. Oleh sebab itu, sudah seharusnya untuk kamu agar tidak sembarangan untuk men-download aplikasi ilegal.