FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Geger! 487 Juta Data Pengguna WhatsApp Dijual di Forum Komunitas Peretas, Meta Bersuara Keras

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - CyberNews salah satu media online yang fkus terhadap keamanan saiber menyebutkan bahwa sebanyak 487 juta data pengguna WhatsApp telah bocor dan dijual di forum komunitas peretas pada 16 November 2022 lalu.

Pihak Meta (pemilik WhatsApp) telah membantah hal tersebut dan menyebutkan bahwa tidak ada bukti kebocoran data yang terjadi di pihaknya.

Dari forum komunitas peretas tadi juga menyebutkan diantara dara 487 juta pengguna tersebut, ada sedikitnya  130.331 data nomor WhatsApp pengguna Indonesia.

Berdasarkan tangkapan layar forum yang diunggahnya, bocoran data itu berjudul "487 data million whatsapp users database" namun menyensor bagian identitas pengunggahnya.



BACA JUGA:
Asyik! WhatsApp Akan Segera Punya Fitur Chat ke Nomor Sendiri

Dikutip dari South China Morning Post (SCMP), seorang juru bicara Meta mengatakan laporan itu "spekulatif" dan berdasarkan "tangkapan layar yang tidak berdasar". Ia juga mengklaim perusahaan tidak menemukan bukti kebocoran data pada sistem WhatsApp.

Sang jubir menekankan bahwa perusahaan menanggapi tuduhan tentang pelanggaran keamanan layanannya "dengan sangat serius" dan telah mengambil langkah segera untuk menyelidiki lebih lanjut klaim tersebut.

Beberapa nomor telepon yang diunggah dalam laporan itu, kata dia, mungkin terkait dengan akun WhatsApp namun tidak ada informasi pengguna lain.

"Kami tidak memiliki informasi tentang bagaimana seharusnya daftar nomor telepon dikumpulkan atau sejauh mana daftar itu berisi nomor telepon Hong Kong," kata juru bicara tersebut, "Ada banyak cara menyusun daftar nomor telepon online."

baca selanjutnya di halaman berikutnya