FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Selamat Datang iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Prio Max, Apa Saja Keunggulannya?

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Selain iPhone 13 dan iPhone 13 Mini serta iPad Mini teranyar, Apple baru saja memperkenalkan iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max di acara Apple Event 2021 yang berlangsung pada Rabu (15/9) dini hari waktu Indonesia.

Kedua seri iPhone untuk pengguna profesional ini diklaim punya spek lebih canggih dan beragam fitur pro yang semakin ditingkatkan.

Beberapa teknologi yang paling diunggulkan pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah layar Super Retina XDR dengan ProMotion adaptive refresh rate up to 120Hz, kamera belakang dengan formasi 3 lensa yaitu Ultra Wide, Wide, dan Telephoto, serta CPU A15 Bionic dan teknologi kamera Macro di bagian Ultra Wide.

Berikut ini penjelasan lengkap untuk semua fitur menarik di iPhone 13 Pro. Simak langsung ya!

BACA JUGA:
Apple Siap Rilis iPhone 13 degan Kapasitas Penyimpanan 1TB

Desain dan Warna

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max hadir dengan desain yang mirip dengan iPhone 12 Pro series tahun lalu.

Yaitu bodi stainless steel surgical-grade, frame kotak dan 3 kamera belakang serta layar yang mengusung Ceramic Shield.

Pada bagian layar, Notch yang digunakan juga telah diubah menjadi lebih kecil. Apple mengjelaskan bahwa Notch di iPhone 13 series punya ukuran lebih kecil 20% dibandingkan semua seri iPhone dengan Face ID sebelumnya.

Ukuran bentang layar yang digunakan adalah 6,1 inci untuk iPhone 13 Pro dan 6,7 inci untuk iPhone 13 Pro Max.

Warna iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang digunakan adalah graphite, gold, silver dan siera blue.

Kamera di iPhone 13 Pro

Dibekali dengan sensor kamera baru yang berpasangan dengan CPU A15 Bionic, kamera iPhone 13 Pro series menjadi kamera di perangkat iPhone dengan spek paling tinggi.

Untuk bagian lensa Wide, Apple menggunakan spek 12MP dengan sensor 1.9 µm pixels. Spek ini menjadikannya sebagai iPhone dengan ukuran sensor kamera yang paling besar.

Untuk meningkatkan kemampuan jepretan di kondisi minim cahaya, iPhone 13 Pro di bagian Wide Lens menggunakan spek ƒ/1.5 aperture. Spek ini membuat hasil foto di malam hari bisa mendapatkan cahaya hingga 2,2 kali lipa lebih banyak dibandingkan iPhone 12 Pro.

Teknologi sensor-shift optical image stabilization (OIS) yang sebelumnya hanya ada di iPhone 12 Pro Max, kini dibawa ke lensa Wide pada semua seri iPhone 13 Pro dan iPhone 13.

Dengan sensor-shift optical image stabilization (OIS), hasil pengambilan foto dan video bisa menjadi lebih stabil dan kualitas gambar tetap maksimal.

Lanjut ke lensa Ultra Wide, Apple menggunakan spek ƒ/1.8 aperture dengan teknologi auto fokus terbaru. Lensa ini diklaim dapat menangkap cahaya hingga 92% lebih banyak dalam kondisi gelap, untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah dan tajam.

Dengan desain lensa baru dan kemampuan fokus otomatis untuk pertama kalinya di lensa Ultra Wide iPhone, serta didukung software canggih, kini kamera Ultra Wide di iPhone 13 Pro juga mendukung untuk digunakan dalam fotografi makro.

Kamu bisa menangkap gambar dengan jarak dekat dan tetap tajam, cerah dan hasil maksimal dalam maknifikasi objek serta jarak hingga 2 sentimeter saja.

Fitur Macro ini tidak hanya dapat digunakan pada mode jepret foto. Namun juga mendukung pada mode video seperti Time Lapse serta Slo-mo.

Lanjut ke lensa Tele, Apple menggunakan spek baru yaitu lensa 77mm yaitu 3x optical zoom dengan total 6x optical zoom dari sistem kamera di iPhone 13 Pro series.

Masih membahas fitur kamera, iPhone 13 Pro series mendukung beragam teknologi berikut ini: Photographic Styles, Night Mode di semua lensa kamera belakang, Smart HDR 4, Portrait mode with Portrait Lighting, Deep Fusion dan Apple ProRAW.

Untuk penggemar videografi, Apple juga merilis fitur Cinematic mode di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Fitur ini dapat membantu kamu merekam video dengan objek berupa manusia, hewan dan beragam benda dengan efek kedalaman yang indah dan mendukung perubahan fokus otomatis. Dengan Cinematic mode, siapa pun dapat menangkap momen seperti gaya film di bioskop, bahkan jika kamu bukan videografer atau pengguna profesional.

Apple juga menjelaskan bahwa fokus di objek video dengan Cinematic Mode dapat dipilih secara otomatis saat merekam atau bahkan setelah proses rekaman video selesai.

Teknologi ini juga akan didukung oleh iMove dan Final Cut Pro X pada update yang akan datang.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga akan mendukung teknologi ProRes, codec video untuk mendapatkan perwarnaan lebih tinggi dan rendah kompresi.

ProRes biasanya digunakan pada pengguna profesional seperti video iklan, film, siaran berita dan lain sebagainya.






CPU A15 Bionic

Apple menggunakan CPU A15 Bionic untuk iPhone 13 series dan iPhone 13 Pro series.

CPU ini menggunakan fabrikasi 5nm dan menjadi yang pertama di teknologi CPU untuk gadget yang pernah dibuat Apple. Dengan ukuran tersebut, CPU A15 Bionic bisa memiliki hampir 15 miliar transistor untuk menangani tugas yang paling berat, termasuk fitur fotografi komputasi terbaru

Spek yang digunakan pada A15 Bionic adalah 6 Core CPU dengan 2 high-performance core dan 4 high-efficiency core.

Untuk bagian GPU, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max menggunakan spek 5 Core GPU. Sedangkan di iPhone 13 dan iPhone 13 mini menggunakan spek 4 Core GPU saja.

Di bagian Neural Engine, A15 Bionic dapat melakukan 15,8 triliun operasi per detik, memungkinkan komputasi machine learning yang lebih cepat untuk pengalaman aplikasi pihak ketiga.

Super Retina XDR dengan ProMotion

Layar iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dibekali dengan teknologi baru bernama Super Retina XDR dengan ProMotion.

Dengan ProMotion, refresh rate di layar akan mendukung variabel adaptif mulai dari 10Hz hingga paling tinggi 120Hz.

Refresh rate 120Hz atau paling tinggi cocok untuk digunakan bermain game atau melakukan interaksi dengan layar secara cepat dan responsif.

Untuk kecerahan layar, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max punya spek hingga 1000 nits dan 25% lebih cerah untuk digunakan di luar ruangan.

BACA JUGA:
Apple Rilis Resmi iPad Mini 2021, Inilah Spesifikasinya

Baterai

Berkat CPU A15 Bionic dan susunan hardware baru yang digunakan, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max punya baterai dengan ukuran lebih besar serta waktu penggunaan lebih lama.

Apple mengklaim bahwa iPhone 13 Pro punya baterai hingga satu setengah jam lebih lama dalam sehari daripada iPhone 12 Pro.

Sedangkan iPhone 13 Pro Max, diklaim punya baterai hingga dua setengah jam lebih lama dalam sehari daripada iPhone 12 Pro Max.

5G di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Untuk teknologi 5G, Apple memperluas fitur bari ini ke iPhone 13 setelah pertama kali mengenalkannya di iPhone 12.

Teknologi 5G di iPhone 13 Pro akan mendukung lebih banyak pita frekuensi 5G.

Hal ini membuat iPhone 13 Pro dapat digunakan di lebih banyak tempat dengan dukungan 5G untuk jangkauan dan kinerja yang lebih besar. Pada akhir tahun 2021, dukungan untuk 5G di iPhone akan berlipat ganda di seluruh dunia, dengan lebih dari 200 operator di seluruh dunia di 60 negara dan wilayah.

Harga dan Ketersediaan

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dapat mulai dipesan di 30 negara (Australia, Kanada, Cina, Jerman, India, Jepang, Inggris, AS, dan lain sebagainya) mulai Jumat 17 September 2021.

Setiap tipe akan tersedia dalam 4 warna yaitu graphite, gold, silver dan siera blue.

Untuk storage, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max punya 4 pilihan yaitu 128GB, 256GB, 512GB dan 1TB.

Penjualan resmi atau pengiriman kepada pemesan akan dilakukan mulai tanggal 24 September 2021.

Berikut ini daftar harga iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max di Apple Store regional Amerika Serikat.

- iPhone 13 Pro 128GB = $999
- iPhone 13 Pro 256GB = $1099
- iPhone 13 Pro 515GB = $1299
- iPhone 13 Pro 1TB = $1499
- iPhone 13 Pro Max 128GB = $1099
- iPhone 13 Pro Max 256GB = $1199
- iPhone 13 Pro Max 515GB = $1399
- iPhone 13 Pro Max 1TB = $1599

Sumber: MakeMac | Foto: Apple

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gasak 20 Unit Motor, Polres Purwakarta Bekuk Bandit Curamor https://t.co/IevxUq2vuD
Sebelum Menikah, Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Tidak Menyesal https://t.co/YIkcrDUTC2
Gantikan Kantong Plastik, Siswa di Purwakarta Galakan Kanjut Kundang https://t.co/O5nDpsIiUW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter