FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Interaksi Antara Manusia dan Teknologi



Dulu, teknologi dianggap barang lux dan terkesan "wah" tapi sekarang hampir semua orang bisa menjamah. Keadaan ini mengubah pola interaksi. Dengan satu alat, manusia yang jauh bisa terasa dekat, yang dekat menjadi jauh. Dalam potret ini yang menarik adalah, ketika manusia memilih berbincang dengan manusia di sebelahnya padahal FREE WIFI memungkinkan ia menatap gawai lama-lama dan berselancar menikmati kecanggihan buatan manusia yang mungkin aja memberi 'pengalaman baru' lebih seru, tapi tak ia lakukan.


Ya. Sekecil apapun perbincangan dengan sesama manusia pasti ada rasa hangat. Apalagi yang jaraknya dekat. Kedekatan emosi ini sulit terganti oleh fitur teknologi, sekalipun bisa menyerupai tapi tidak akan sama persis 'sense of human touching'. Tidak menutup kemungkinan di teknologi ada komponen "hati". Punya rasa empati layaknya manusia. Tidak menutup kemungkinan juga ilmu pengetahuan akan berkembang pesat meneliti ini lebih jauh. Tapi itu dia, sensitivitas merespon keadaan, apa bakal sama seperti manusia?



Kalau iya teknologi bisa memberi kenyamanan dan kehangatan, bahkan bisa memberi solusi sampe di level "kebijaksanaan", mungkin produk IT masa depan itu bentuknya emotional intelligence. Dan antar manusia bisa semakin jauh secara fisik. "toh, menyentuh hati dan memberi kasih sayang kan bisa diwakili teknologi", atau "memberi keadilan dan memutuskan kebijakan bisa diwakili mesin pintar"—ini masih asumsi.

Mungkin saja bisa direalisasi, tapi bakal kompleks. Teknologi hanya ngerti 2 kondisi: 0 dan 1, TRUE & FALSE, setelah diprogram dan melewati algoritma sedemikian rupa. Sedangkan manusia punya sisi empati, bukan cuma "benar" dan "salah", tapi ada jalan tengah "berkompromi". Manusia dan teknologi sama-sama punya fungsi, yang membedakan, manusia punya hati.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya https://t.co/ipPKujbNKu
Tiga Pejabat Posisi Vital di Lingkungan Pemkab Subang Pensiun https://t.co/4I5brX59KS
Jose Mourinho Kritik Kinerja Wasit Saat Roma Takluk dari Lazio https://t.co/P45dzDT5d6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter