FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kecaman Edward Snowden ke Apple Terkait Fitur Baru 'Berkedok' Keamanan Anak

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Baru-baru ini Apple mengumumkan akan memperkenalkan fitur pemindaian foto baru untuk iPhone. Fitur tersebut pada dasarnya akan memindai foto yang disimpan di iPhone untuk melacak pelecehan anak.

Fitur anyar ini memang terdengar memiliki tujuan yang sangat baik. Apple mengklaim langkah yang diambil perusahaan demi membatasi penyebaran materi pelecehan seksual anak (Child Sexual Abuse Material/CSAM).

Namun, sistem pemindaian foto itu dapat memindai semua foto pribadi di ponsel pengguna sehingga bisa disalahgunakan oleh pemerintah dan aktor jahat.

BACA JUGA:
Penghentian TV Analog Tidak Jadi Tanggal 17 Agustus 2021, Ini Alasan Kemkominfo

Banyak ahli menilai hal ini dapat menimbulkan masalah besar. Mantan konsultan NSA Edward Snowden adalah salah satu dari mereka yang mengecam fitur baru tersebut, dengan mengklaim bahwa meskipun bermaksud baik, pada dasarnya Apple meluncurkan pengawasan massal ke seluruh dunia.

"Tidak peduli seberapa baik niatnya, Apple meluncurkan pengawasan massal ke seluruh dunia melalui fitur ini. Jangan salah: jika mereka dapat memindai pornografi anak hari ini, mereka dapat memindai apa pun besok," cuit Snowden sebagaimana dilansir Ubergizmo, Minggu (8/8/2021).

Sementara Daniel Bostic yang dikenal sebagai aktor dan juga aktivis, mengatakan jika fitur pemindai foto itu dapat digunakan untuk mengidentifikasi foto pelecehan anak, siapa yang bisa menjamin bahwa pemerintah tidak akan mengambil keuntungan dari fitur ini.

"Sistem pemindai foto Apple tak menutup kemungkinan akan digunakan untuk mengidentifikasi foto anti-pemerintah," katanya.



BACA JUGA:
Polri Berhasil Tangkap Terduga Peretas Situs Setkab, Akan Diumumkan Senin 9 Agustus 2021

Kecaman dari Bos WhatsApp

Sebelumnya Head of WhatsApp, Will Cathcart, menilai Apple telah mengambil cara yang salah terkait fitur 'Keamanan Anak' terbaru yang bertujuan untuk melindungi anak-anak dari pelecehan seksual.

Apple mengklaim fitur yang baru diumumkan pada Kamis (5/8/2021) itu demi membatasi penyebaran materi pelecehan seksual anak (Child Sexual Abuse Material/CSAM).

Baca selengkapnya di halaman berikutnya



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bripda Randy yang Perkosa Novia Widyasari Akhirnya Dipecat Secara Tidak Hormat https://t.co/cOtVD4TOnu
BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia dan 56 Luka Akibat Erupsi Gunung Semeru https://t.co/hKVt1pU8wG
Tahukan Kamu, Sebenernya Temanmu Suka Padamu, Ini Tanda-Tandanya https://t.co/JfWtYJCJ5y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter