FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Apakah Perlu Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan?

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Seringkali kita melihat pengguna motor memanaskan motornya terlebih dahulu sebelum mereka gunakan, tak jarang juga kita melihat para pengguna kendaraan roda dua tersebut mengengkol mesin motor beberapa kali dalam kondisi kendaraan mati, apakah memang hal tersebut wajib dilakukan?

Memanaskan dianggap perlu

Pada dasarnya, semua kendaraan bermotor termasuk motor perlu dipanasi sebelum digunakan untuk aktivitas lama atau berat. Hal tersebut dikatakan perlu untuk dilakukan agar terjadi beberapa bagian dalam mesin mendapatkan pelumasan dan siap digunakan. Aktivitas memanaskan mesin ini dirasa cukup perlu dilakukan terutama untuk motor yang masih menggunakan sistem karburator dibandingkan dengan yang sudah memakai sistem Fuel Injection (FI/injeksi).



BACA JUGA:
Siap Ngaspal di Indonesia, Inilah Spesifikasi Motor Yamaha Grand Filano

Alasan kenapa harus memanasi mesin sebelum digunakan adalah karena saat lama tidak dipakai, oli di dalam mesin menjadi dingin. Apabila motor langsung digunakan, maka dikawatirkan akan terjadi pergesekan setiap komponen yang belum terlumuri oli dan lama kelamaan akan membuat mesin mengalami masalah.

Berapa waktu yang diperlukan untuk memanasi motor?

Seperti yang disebutkan di atas bahwa baik motor yang masih menggunakan sistem karburator dengan choke atau juga yang sudah menggunakan FI, tetap wajib bagi penggunanya untuk melakukan pemanasan mesin sebelum menggunakannya di pagi hari.

Hanya saja, ada beda antara motor dengan sistem karburator dan FI dalam hal waktu memanasinya. Motor-motor yang masih menggunakan karburator masih tetap harus dipanasi terlebih dahulu sebelum digunakan setidaknya maksimal 3 menit lamanya, sedangkan motor-motor injeksi harus dipanasi antara 30 detik sampai 1 menit.

baca selanjutnya di halaman berikutnya