FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

[OPINI] Guru Harus Terus Selalu Bereinkarnasi





SUBANG, TINTAHIJAU.com -- Pendidikan akan terus dituntut untuk mampu mengikuti irama jaman, tak peduli apapun masa yang dihadapi dan dilaluinya maka pendidikan tidak boleh ada alas an untuk tertinggal, bahkan seharusnya pendidikanlah yang menjadi dirigent setiap perubahan yang dihadapi jaman. Hal ini dikarenakan pendidikan inilah yang menjadi muara perubahan itu sendiri dan harus mampu menghadirkan generasi yang menghadapinya.

Ketika kita bicara pendidikan, maka mau tidak mau suka tidak suka maka akan selalu berbicara tentang actor utama yang menjadi pemeran paling dominan dalam dunia pendidikan, dan dialah guru. Desain apapun yang dibuat oleh para ahli pendidikan menjadi sebuah kurikulum maka gurulah yang akan mengaplikasikannya di sekolah-sekolahd an langsung berhadapan dengan objek pendidikan yaitu siswa. Sebagus apapun sarana prasarana dan teknologi pendidikan maka gurulah yang akan menggunakan untuk meningkatkan effektifitas kegiatan belajar mengajar. Sekeren apapun kualitas anak-anak didiknya maka gurulah yang seharusnya paling tau dan paham bagai mana cara membentuk dan merupakan anak-anak itu mau dijadikan menjadi apa.

Maka peran guru tetap menjadi actor utama pendidikan, sehingga jika ingin berbicara kulitas pendidikan maka kita akan banyak berbicara tentang guru pula. Jaman yang terus bergerak dinamis dan sangat cepat menuntut guru untuk ikut berlari bahkan harus lebih cepat dari perubahan itu sendiri. Dna guru selalu dituntut tidak boleh mati ide dan gagasan serta kreativitasnya,  mereka harus terus bereinkarnasi, bermetamorposis mengikuti setiap perubahan yang dihadapi oleh anak-anak didiknya, bahkan terkadang harus mampu menjadi peramal masa depan agar mampu mempersiapkan anak-anak didiknya menghadapi jaman yang akan dilaluinya.

Maka perlu sekali adanya pemahaman yang sama tentang guru, diantaranya:
1. Guru harus jadi profesi yang terhormat dan selalu terjaga professionalitasnya
2. Professi guru harus mendapatkan perhatian dari pemerintah, baik dari sisi penghargaan, pengembangan kompetensi dan kualitas rekrutmennya, karena tugasnya bukan hanya mengajar dan mendidik anak namun mempersiapkan peradaban
3. Fasilitas bagi guru harus terus dilengkapi dan ditingkatkan untuk pembelajaran
4. Bagi guru itu sendiri harus terus meningkatkan kemauan, kesadaran, totalitas dan motivasi  diri untuk selalu bereinkarnasi dan bermetamorfosis mengikuti pergerakan jaman.
5. Harus ada reward dan funnishman yang real terimplementasi berbasi kinerja nyata dan tidak hanya sekedar lewat ajang lomba-lomba yang pada faktanya belum mampu menjaring dan memberi kesempatan kepada seluruh guru untuk mengikutinya.

Jaman akan selalu menuntut pendidikan untuk mengikuti perubahan, bahkan pendidikan pulalah yang menentukan jaman apa yang akan dikontruksinya.

Selamat hari Guru Nasional 2021 !!

Mari bersama-sama menjaga, merawat dan menjayakan pendidikan untuk peradaban.

Penulis : Dadan Hermawan, M.Pd. (Guru Penggerak SDN Pelita Karya Subang)

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pemkab Majalengka Kembali Guyur Kadeudeuh untuk Atlet Berprestasi di Peparnas XVI Papua 2021 https://t.co/nY2WzHqMWF
Daftar 5 Game VR Terbaik yang Dirilis Mulai Desember https://t.co/Hrrj9xmYNu
Kabar Gembira, Ini Daftar Hari Libur di Bulan Desember 2021 https://t.co/Vc2WjQKAzf
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter