FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

[OPINI] Pemimpin dan Akhlak



Anggota Majelis Ulama Al-Azhar Syekh Ali Jumah mengatakan: mayoritas (95 persen) hadis Nabi Muhammad SAW berbicara tentang akhlak dan muamalah.

Nabi Muhammad SAW bersabda untuk memuliakan tamu yang datang. "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia memuliakan tamunya." Hadis lainnya: "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah menyakiti tetangganya."

Tadi malam, saat buka Instagram saya lihat keutamaan akhlak seorang Arab-Amerika yang akan melaju menjadi walikota. Testimoni seorang ibu tentang beliau menceritakan bagaimana ia terkesan dengan kebaikan si pemuda tersebut. Berarti, akhlak.

Di manapun kita, jika kita berakhlak maka orang akan suka. Dan, di manapun kita, tanpa akhlak orang akan lari.

Suatu siang, saya bercerita dengan kolega. Kata kolega, yang kita harapkan saat ini tidak hanya orang yang berilmu, karena orang berilmu itu banyak. Orang pintar saat ini tersebar, bukan lagi kemewahan menjadi orang pintar.

Tapi menjadi orang berakhlak itu mahal, bahkan langka. Kenapa langka? Karena, tingkat perjuangannya lebih tinggi dan berat ketimbang jadi pintar. Rajin belajar, follow the games, orang akan tiba juga jadi sarjana. Tapi, memahami akhlak belum tentu semudah mempraktikkan akhlak tersebut.

Tiap kita adalah pemimpin. Sekecil apapun ranah kepemimpinan kita--bahkan terhadap diri sendiri--kita diajarkan untuk berakhlak. Musuh terbesar akhlak itu adalah nafsu. Maka, nafsu harus dikendalikan, sebuah ajaran klasik tapi manjur.

KH. Zainuddin MZ bilang: "...intinya, pengendalian diri." Siapa bisa kendalikan diri, dia berhasil. Makan, kalau kebanyakan dan tidak pilah pilih juga bisa fatal buat tubuh. Kata istriku, banyak orang sakit awalnya dari pola makan. Berarti, "tidak berakhlak" terhadap tubuh kita sendiri, alias zalim terhadap tubuh yg Tuhan titipkan buat kita.

Depok, 1 November 2021

Yanuardi Syukur, Penulis adalah Alumni Pesantren Darunnajah, Jakarta


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jelang Nataru, Polres Majalengka Cek Kelayakan Kendaraan https://t.co/yRN74uYZs1
Di Negara Ini, Sebar Gosip di Medsos Bisa Didenda Ratusan Juta https://t.co/zr4Wa5DYFG
Pemkab Majalengka Kembali Guyur Kadeudeuh untuk Atlet Berprestasi di Peparnas XVI Papua 2021 https://t.co/nY2WzHqMWF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter