FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

[OPINI] Belajar dan Berkhidmah untuk Umat

Indeks Artikel



Setelah menghadiri pertemuan Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional MUI Pusat, 13 Oktober 2021, saya dan Ust Ihsan Nahromi bersilaturahmi ke Nahrawi Center, Jakarta Selatan. Yayasan tersebut dikelola oleh Ustadzah Amirah Nahrawi, anak Dr. KH. Nahrawi Abdussalam. Ustadzah Amirah berarti keturunan Mesir-Indonesia. Bisa jadi jembatan bagi persahabatan antarkedua negara.

Ustadz Ihsan Nahromi adalah mudabbir saya waktu saya baru pertama masuk Darunnajah, 1993, di Rayon Diponegoro. Belakangan beliau jadi politisi, jadi anggota dewan dan Ketua DPP sebuah partai. Beliau satu angkatan dengan Ustadzah Amirah saat sama-sama lanjut studi di Universitas Al-Azhar, Mesir.

Setelah bercerita terkait kegiatan subkomisi kami, kajian dan respon  berbagai isu internasional dan dunia Islam, kami mendapatkan hadiah buku yang diterbitkan dari disertasi karya Kiai Nahrawi. Tebalnya 643 halaman untuk versi Indonesia, dan 719 untuk versi Arab.

BERITA LAINNYA:
[OPINI] Ketika Media Sosial Jadi Ruang Kampanye Politik
OPINI: Memantik Kebahagian Bathin dari Jalanan Subang Kota
OPINI: Nasib Pembelajaran Daring Pasca Pemberlakuan PTM

Saya bersyukur mendapatkan hadiah buku sebab silaturahmi ini. Selain dapat mempelajari (kembali) kajian tentang qaulul qadim dan qaulul jadid Imam Syafi'i, saya juga dapat intisari keteladanan dari sosok beliau.

Dalam buku tersebut, yang diterjemahkan oleh Ustadzah Amirah, Kiai Nahrawi menulis sebagai berikut: "Kehidupan As-Syafi'i sejak kecil hingga masa muda yang bergelora dan sampai ajal menjemputnya adalah kehidupan penuh teladan."

Membaca kalimat ini, saya jadi ingat satu kalimat yang menjelaskan tentang Sayyid Qutb, ketika Qutb berkata: "Hidup di bawah naungan Al-Qur'an adalah nikmat, dan tidaklah seseorang mengetahuinya kecuali mereka yang merasakannya."

Kembali ke Kiai Nahrawi. Beliau melanjutkan, bahwa dalam perjalanan hidup Imam Syafi'i, terkandung di dalamnya berbagai hal:



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Berkomitmen untuk bisa konsisten dan tidak pernah berhenti untuk memperbaiki." ~Anthony Robbins~ https://t.co/X1L5oOwffd
SUAMI BERSAING DENGAN ISTRI DI PILKADES KABUPATEN SUBANG https://t.co/lbLgV5jk6W
Inilah 5 Fakta Terkini Terkait Kebakaran di Gedung Cyber 1 di Jakarta https://t.co/ekZ1P7Z2zJ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter