FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ayo Nak, Kita Shalat Shubuh di Mesjid



Sebagai orangtua, hendaknya kita mengenalkan shalat kepada anak sedini mungkin. Mulai dari memperlihatkannya ketika ia sudah dapat melihat, membimbingnya serta mengajaknya untuk shalat di samping kita. Yang perlu diingat, lakukan semua pembelajaran ini dalam suasana yangmenyenangkan dan menggembirakan. Sebab, usia anak-anak bukanlah usia taklif (pembebanan).

Tujuan kita adalah membiasakan. Kelak ketika sudah baligh nantia mereka akan terbiasa untuk melaksanakan shalat serta mengerjakan ibadah yang lain.

Pada usia yang ketujuh, perintahkanlah anak kita agar bisa melaksanakan shalat. Latih mereka menunaikan tugas-tugasnya. Ajarkan hukum-hukum yang berkaitan dengan bersuci dan ajarkan juga cara berwudhu. Lakukan itu selama tiga tahun dengan diiringi pemberian targhib (motivasi) serta tarhib (peringatan dan ancaman).

Bagi anak laki-laki, latihlah ia shalat berjamaah di mesjid. Sebab shalat berjamaah di mesjid hukumnya wajib bagi setiap laki-laki muslim yang baligh. Mesjid adalah istana tempat membina generasi muslim. Mesjid adalah tempat mencetak generasi yang menjual diri kepada Allah, berjalan di atas manhaj-Nya, serta menyusuri jejak keteladanan Rasul-Nya.

Oleh karena itu, bawalah anak ke masjid dan ajari adab-adab terkait masjid. Tujuannya agar ia mengerti sehingga tidak bermain-main lagi di sana. Ini perlu, sekalipun ia masih kecil. Kaitkan hati anak dengan mesjid. Inilah cara terbaik untuk menyelematkan generasi kita dari kerusakan.

Berbahagialah para pemuda yang hatinya senantiasa terpaut dengan mesjid. Sebab, mereka akan mendapatkan naungan Allah pada hari ketika tiada naungan kecuali nauangan-Nya. Lantas, bagaimana cara untuk mengajak anak shalat shubuh di mesjid?

Sebelum menjawab pertanyaan ini kami memohon kepada Allah ta’ala sebagaimana doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang diabadikan di dalam kitab suci Al-Qur’an : “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang senantiasa mendirikan salat, Wahai Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim : 40).

Dan diantara ciri ikhlasnya seseorang di dalam mendidik anak adalah, ia akan diberi taufik serta dimudahkan oleh Allah ta’ala untuk banyak doa sebagaimana doa yang dilantunkan Nabi Ibrahim. Karena hati manusia ada diantara jari jemari Ar-Rahman Dzat Yang Maha Pengasih.

Dusta besar jika seseorang mengaku ikhlas mengajari anak shalat, namun di sisi lain ia tidak pernah berdoa kepada Allah agar menjadikan diri dan anaknya sebagai hamba Allah yang senantiasa menegakkan shalat.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan orangtua untuk membiasakan anaknya agar melaksanakan shalat shubuh berjamaah di mesjid :
1. Nyalakanlah lampu kamar ;
2. Ucapkan kata-kata yang lemah lembut ;
3. Usaplah punggung dan kepalanya ;
4. Biarkan ia tertidur sebentar, kembalilah bangunkan setelah lima menit kemudian ;
5. Singkap selimutnya lalu goncangkan badan si anak dengan pelan-pelan ;
6. Bangunkan sampai pada posisi duduk di tempat tidur ;
7. Percikkanlah air ke wajahnya jika memang masih susah dibangunkan;
8. Jika anak sudah mulai membuka mata, ajaklah si anak bercanda;
9. Berikanlah kata-kata motivasi seperti “Nak bangunlah, ayo kita shalat shubuh di masjid”. Nak, dengan shalat akan menjadi cahaya di alam kubur kelak”, atau “Bangun nak, surga menanti kita”
10. Tuntunlah si anak ke kamar kecil, untuk buang hajat kecil dan berwudhu ;
11. Jika masih kecil, perlu juga di gendong sampai masjid, jika sudah besar bisa berjalan, atau naik sepeda ;
12. Jika semua cara telah ditempuh namun belum berhasil maka kita sebagai orang tua boleh melakukan pemukulan jika si anak sudah menginjak usia sepuluh tahun.

Semoga cara - cara tersebut dapat menjadi jalan keluar sekaligus bentuk upaya kita setelah berdo’a agar anak terbiasa untuk melaksanakan shalat shubuh berjamaah di mesjid.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka.” (HR Ahmad).

Ajarilah si anak untuk membaca doa-doa maupun dzikir sebelum tidur agar ia senantiasa dijaga malaikat dan dimudahkan untuk bangun menunaikan shalat shubuh.

Wallahu a’lam

Anwar Mulyana, M.Pd, Penulis sebagai Konsultan Pendidikan dan Kepala UPTD SDN 9 Nagrikaler, Purwakarta

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bripda Randy yang Perkosa Novia Widyasari Akhirnya Dipecat Secara Tidak Hormat https://t.co/cOtVD4TOnu
BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia dan 56 Luka Akibat Erupsi Gunung Semeru https://t.co/hKVt1pU8wG
Tahukan Kamu, Sebenernya Temanmu Suka Padamu, Ini Tanda-Tandanya https://t.co/JfWtYJCJ5y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter