FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

3 Cara Menerapkan Pola Gizi Seimbang Menurut Dokter Gizi




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Gizi seimbang  adalah susunan asupan sehari-hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pemenuhan asupan gizi ini juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal guna mencegah masalah gizi.



BACA JUGA:
Cegah Sejak Dini Agar Malanutrisi Tidak Terjadi Saat Kamu Lansia

Setiap tanggal 25 januari ada Hari Gizi Nasional, peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya memenuhi nutrisi sehat dan seimbang.

Dokter Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, membagikan tiga tips mudah menerapkan pola gizi seimbang.

1. Utamakan sumber bahan pangan lokal

“Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Misalnya, banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, misalnya umbi-umbian atau makanan berbahan singkong,” jelas dr. Juwalita.

Contoh sumber pangan lokal yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diusung Rumah Mocaf dan makanan vegan khas Nusantara oleh Loka Padang.

BACA JUGA:
Walaupun Dianggap Bergizi, Hindari Konsumsi Udang dengan Makanan Ini

2. Sesuaikan sumber bahan pangan sesuai dengan kriteria gizi seimbang

“Agar pola makan lebih seimbang, perhatikan asupan serat terutama dari sayur dan buah. Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan. Pastikan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang, yakni antara sumber energi, lauk pauk, sayuran dan buah,” tambah dr. Juwalita.

3. Perbanyak protein hewani atau nabati

Menurut Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah 60 gram per hari untuk perempuan dan 65 gram per hari bagi laki-laki.

“Protein diperlukan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Indonesia terkenal dengan sumber protein nabati, mulai dari tahu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain,” tutup dr. Juwalita.

Sumber: Fimela.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.