FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Berikut Jenis Suntik KB, dan Waktu yang Tepat Suntik KB Usai Melahirkan

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Setelah melewati proses persalinan, Bunda tetap memiliki peluang untuk bisa hamil lagi. Peluang untuk hamil ini tetap ada meski Bunda masih menyusui Si Kecil. Namun, Bunda tidak perlu khawatir jika memang ingin menunda kehamilan, ada beberapa pilihan jenis kontrasepsi yang aman.

Kita mungkin telah mengenal beberapa alat kontrasepsi yang sering disebut juga dengan sebutan KB. Saat ini KB digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keselamatan ibu dan bayi dengan cara mengatur jarak kelahiran.

Agar tujuan ini tercapai, perlu kiranya Bunda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk KB setelah melahirkan.



BACA JUGA:
Awas! Bunda Jangan Lakukan Ini Pada Bayi Dibawah 1 Tahun

Beberapa orang tidak bisa menggunakan alat KB seperti kontrasepsi atau pil minum, sehingga memilih untuk menggunakan alat suntik. Selain itu, suntik KB termasuk yang ringkas karena memiliki interval 1 bulan atau 3 bulan.

Mengenal Suntik KB

Suntik KB merupakan salah satu pilihan yang membantu Mama untuk menunda kehamilan. Dilakukan dalam interval 1 atau 3 bulan, KB suntik memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

KB ini biasanya disuntikkan di bagian tubuh seperti bokong, lengan atas, bawah perut, dan paha. KB ini mengandung hormon progesteron yang bisa menghentikan ovulasi.

Di Indonesia, ada 2 jenis suntik KB yang umum yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan.

Suntuk KB 1 Bulan

Seperti namanya, suntikan ini diberikan 30 hari sekali. Di dalamnya terdapat hormon estrogen dan progestin yang bisa mencegah kehamilan.

Dibandingkan dengan suntik KB 3 bulan, suntik interval 1 bulan ini tidak memiliki dampak serius pada siklus menstruasi. Sehingga, Mama tidak perlu khawatir karena siklus mens biasanya tetap teratur.

Untuk Mama yang ingin cepat hamil, maka suntik KB 1 bulan ini mampu mengembalikan kesuburan lebih cepat yaitu sekitar 3 bulan setelah suntikan dihentikan

BACA JUGA:
Ini Penanganan yang Bisa Dilakukan Ketika Bayi Kuning saat Lahir

Kekurangan Penggunaan Suntik KB 1 Bulan

Meski begitu, suntik KB 1 bulan memiliki kekurangan dan efek samping seperti risiko terjadinya pendarahan tidak normal,.pusing dan payudara yang lebih sensitif, dan memicu mood swing.

Selain itu, suntik KB ini juga tidak disarankan untuk perempuan yang memiliki keluhan migrain dan tidak bisa melindungi dari risiko infeksi menular seksual.

baca selanjutnya di halaman berikutnya