FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Agar Tidak Minder

Indeks Artikel



Foto: Archie Binamira (pexels.com)


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Sebagian dari anak-anak mungkin memiliki sifat pemalu terutama ketika berada di lingkungan atau bertemu dengan orang baru, hal itu memang sangatlah wajar namun jika anak memiliki rasa pemalu yang terlalu berlebih maka itu berpotensi untuk bisa mempengaruhi kehidupannya di masa depan.

Meski umum terjadi, tetapi ada faktor lain yang turut membuat anak menjadi pemalu. Faktor ini bisa karena meniru sifat orang tua, tidak diajarkan bersosialisasi sejak dini, korban perundungan (bullying), dan selalu dituntut menjadi untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal.



BACA JUGA:
Hai Girls, Kenali Sifat Pria Sebelum Menikah Biar Nggak Nyesel Dikemudian Hari

Sebenarnya, anak pemalu mungkin ingin bersosialisasi, tetapi bisa aja mereka merasa takut, ragu, dan tidak tahu bagaimana caranya. Perlu diingat, peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangatlah penting.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Bunda dan Ayah lakukan untuk menumbuhkan sifat berani pada anak yang pemalu:

1. Membantu Anak Belajar Sesuatu

Melansir laman Kids Health, anak bisa percaya diri saat bisa menggunakan keahlian baru mereka. Rasa percaya diri mereka bisa bertambah saat orangtua memberi perhatian, membiarkan anak mencoba, memberi senyuman, dan menyatakan rasa bangga pada mereka. Sejak dini, anak bisa dibantu untuk belajar hal-hal baru. Membantu anak belajar memakai bajunya sendiri pun bisa menambah rasa percaya diri mereka.

2. Beri Pujian dengan Cara Bijak

Memuji anak bisa membuat anak merasa makin percaya diri, tapi lakukan dengan bijak. Jangan sampai berlebihan dan membuat anak malah merasa dimanjakan. Puji usaha dan upaya yang sudah dilakukan anak, bukan hanya hasilnya semata. Dari sini, anak bisa makin memahami pentingnya berusaha melakukan sesuatu sebaik mungkin.