FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Selain Pahala, Hikmah Puasa Senin-Kamis Akan Dirasakan di Dunia

Indeks Artikel



ilustrasi berbuka puasa shutterstock

Menjalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis memiliki banyak keutamaan terlebih jika dilakukan rutin. Tak hanya menyehatkan jasmani dan rohani, puasa Senin-Kamis juga akan membuat catatan amal ibadah semakin baik.

Menjalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis ini sudah dicontohkan Rasulullah SAW. Sebab, banyak sekali keutamaan menjalankan ibadah puasa sunah di kedua hari itu.

Selain akan diampuni dosa-dosanya, setiap hari Senin dan Kamis, seluruh amal atau perbuatan manusia selama satu pekan akan dinilai Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:


تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

"Berbagai amalan dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi Nomor 747. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan. Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu sahih dilihat dari jalur lainnya).

Adapun manfaat dari melaksanakan amalan puasa Senin dan Kamis adalah sebagai berikut:

1. Menambah amal salih
Berpuasa membuat umat Islam untuk lebih memperbaiki diri dan memperbanyak amal salih. Muslimin juga akan terdorong melakukan berbagai amalan yang bakal mendatangkan pahala dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Melatih kesabaran
Melalui berpuasa maka saat seseorang emosi dan ingin marah, bisa meredam perasaan itu. Sebab, seorang mukmin menjadi ingat jika sedang melaksanakan ibadah berpuasa dan tidak ingin batal.

3. Melatih disiplin
Mereka yang berpuasa sejatinya melatih disiplin diri, sebab harus bangun sebelum fajar untuk melaksanakan sahur. Kemudian ia wajib menahan hawa nafsu ketika melihat makanan yang lezat pada siang hari. Muslim tersebut berusaha disiplin agar puasanya tidak sia-sia atau bahkan batal.

4. Menjaga kesehatan tubuh
Pakar kesehatan menyatakan bahwa puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain menghilangkan racun dari dalam tubuh, puasa juga bisa memperbaiki sistem pencernaan

 





SELENGKAPNYA KLIK HALAMAN BERIKUTNYA....




5. Meningkatkan rasa syukur
Melalui berpuasa maka umat Islam akan merasakan penderitaan orang yang kelaparan dan kekurangan. Oleh karena itu, puasa membuat kaum Muslimin semakin merasa lebih beruntung daripada orang lain yang kekurangan, termasuk kekurangan pangan akibat miskin maupun perang seperti di negara-negara konflik.

6. Menghilangkan racun di tubuh
Selama menjalani puasa Senin-Kamis, tubuh seorang Muslim secara otomatis mengalami detoksifikasi. Ia akan terhindar dari racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

Ketika puasa, lemak di dalam tubuh dibakar menjadi energi, maka racun pada lemak ikut dibebaskan sehingga detoksifikasi tubuh terjadi. Racun di dalam tubuh dibuang dengan bantuan hati, ginjal, serta organ-organ lainnya sehingga tubuh dibersihkan dari racun.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jual Uang Palsu di Medsos, Pasutri Asal Indramayu Ditangkap Polisi https://t.co/3AGGvsnkSY
Tipu Banyak Mama Muda di Medsos, Pria Ini Dibekuk Polisi https://t.co/80DpyNqAZB
Holywings Ditutup Pemprov Jakarta, Nikita Mirzani Buka Suara https://t.co/KjGjoysV9s
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter