FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Muslim yang Berkurban Boleh Mengambil Bagian Hewan Kurbannya, Terutama Bagian Ini

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Umat muslim yang menjalankan ibadah kurban boleh menyantap daging hewan kurbannya. Rasulullah SAW bahkan pernah memberi contohnya.

Ada dua ketentuan soal konsumsi daging kurban bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah kurban di Idul Adha. Secara umum, orang yang berkurban boleh menyantap daging hewan kurbannya namun ada juga yang diharamkan menyantapnya.

Ibadah kurban bersifat sunah muakkadah yang artinya sunah yang sangat dianjurkan bagi muslim yang mampu. Namun ada juga ibadah kurban yang sifatnya wajib, yakni bagi muslim yang bernazar untuk kurban.

Ada dua ketentuan soal konsumsi daging bagi muslim yang berkurban. Bagi yang menjalankan kurban sunah Idul Adha maka diperbolehkan makan daging kurbannya. Sementara bagi yang berkurban karena menjalani nazar maka haram hukumnya makan daging kurbannya.

Dilansir dari Islam.NU (18/7) Rasulullah SAW sendiri memakan daging kurban sunnahnya. Meskipun ibadah kurban merupakan kewajiban baginya, Rasulullah tidak pernah menyembelih satu hewan kurban yang wajib itu. Sebagaimana diketahui, seseorang haram memakan daging kurban wajib, seperti kurban karena nazar.

Rasulullah SAW menyembelih lebih dari satu hewan kurban yang mana hewan kedua dan seterusnya menjadi ibadah kurban sunah yang boleh dimakan dagingnya.

Lantas bagian hewan kurban manakah yang boleh dikonsumsi? Rasulullah SAW mencontohkan, beliau menyantap bagian hati hewan kurban.

Ulama Syafi'iyah menganjurkan orang yang berkurban untuk mengambil bagian hati dari hewan kurbannya. Berdasarkan hadits Rasulullah, ulama Mazhab Syafi'i meneladani dengan harapan, dengan memakan hati hewan kurban sebagaimana penduduk surga pertama kali menyantap hati hewan yang disediakan Allah SWT.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Oknum PNS Jualan Hasil Swab PCR Palsu, Ditawarkan Hingga Rp1,5 Juta https://t.co/GYk8Wq56rG
Ahli Gizi Buka Suara Soal Air Rebusan Mie Instan https://t.co/haymzyu6uH
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan https://t.co/1sfgN5xGgc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter