FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Gelar Rakornas, Komisi HLNKI Bahas Dasar Wasathiyyatul Islam Dalam Diplomasi MUI

Indeks Artikel



JAKARTA, TINTAHIJAU.COM - Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Majelis Ulama Indonesia mengadakan Rapat Koordinasi Nasional Komisi HLN-KI di Aula Buya Hamka, Kantor MUI Pusat, Jakarta (24/11/2022).

Rapat koordinasi digelar dalam  upaya pelaksanaan program kerja, pengembangan dan penguatan kelembagaan MUI, khususnya Komisi HLNKI se-Indonesia.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim dalam paparannya menyampaikan bahwa beliau telah membuat draf pedoman untuk komisi HLNKI dan meminta masukan dan jika perlu akan didiskusikan lebih lanjut.

Dia menyebutkan beberapa ide yang dibahas dalam rapat tersebut diantaranya adalah terkait pijakan dasar Wasathiyyatul Islam dalam diplomasi MUI.

"Dalam konteks kebijakan luar negeri dan latar belakang masyarakat Indonesia yang sangat majemuk, dengan keragaman agama, etnis, budaya, dan kepercayaan yang dimiliki, kebijakan penguatan moderasi beragama ini menjadi sebuah keniscayaan," katanya

Keragaman Indonesia, paparnya, meniscayakan lahirnya perbedaan tafsir baik dalam nilai-nilai ibadah, keadilan, persatuan dan kesatuan, kemanusiaan serta aktivitas politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Jika tidak dikelola dengan baik, jelasnya, keragaman tafsir keagamaan diatas dapat menimbulkan gesekan atau konflik, baik intra umat beragama, antar umat beragama, maupun antara umat beragama.