FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jamin Ketersediaan Daging, Subang Kembangbiakkan Sapi dan Kerbau Sikomandan



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Untuk menjami ketersediaan daging di Indonesia Subang menjadi lokasi untuk meningkatkan populasi, produksi sapi dan kerbau Porgram Sikomandan

Sikomandan ini merupakan kepanjangan dari Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri. Di Kabupaten Subang lokasi Sikomandan itu berada di Desa Sawangan Kecamatan Cipeundeuy.

Panen pedet Sikomandan ini ditandai dengan peluncuran 100.000 ekor pedet Belgian Blue untuk negeri yang dilaksanakan di salah satu perusahaan ternak sapi Desa Sawangan Kecamatan Cipeundeuy.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang Bambang Suhendar melaporkan bahwa Program Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) merupakan implementasi program Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan populasi, produksi sapi dan kerbau, untuk menjamin ketersediaan daging di Indonesia.

Bambang juga menyampaikan, Peranakan sapi ini merupakan hasil Inseminasi Buatan (IB) dari para Inseminator. Dirinya juga mengatakan, Subang memiliki tingkat keberhasilan IB cukup tinggi.

Tim Sikomandan Kabupaten Subang tahun 2021 telah menyelesaikan kegiatan program Sikomandan dari target akseptor 6.242 ekor dengan realisasi 5.760 (92,2%), IB dari target 7.837 dosis realisasinya 8.159 dosis (104,1%), bunting target 4.653 ekor dengan realisasi 4.744 ekor (100,2%) dan target lahir 3.924 ekor dengan realisasi 5.182 ekor (132,1%). Jumlah tersebut merupakan hasilkerja keras Disnakeswan, tim IB dan tim Sikomandan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan  dan Peternanakan Provinsi Jawa Barat Ir. H. JAfar Ismail, MM berharap mudah-mudahan  dengan keberhasilan pedet Sikomandan ini mampu menghasilkan bibit ternak yang berkualitas dan memacu para insan peternak untuk semangat beternak.

Sementara itu, Wakil Bupati Subang Agus Masykur menyampaikan bahwa dengan program Sikomandan melalui system IB diharapkan mampu menunjang percepatan peningkatan populasi ternak yang diikuti oleh peningkatan produksi dan produktivitas ternak, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan peternak dan masyarakat  dalam peningkatan kesejahteraan perekonomian.

Wabyp juga berharap Program Sikomandan ini  terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan program swasembada daging untuk nasional dan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Subang.

Pada kesempatan tersebut juga, wabup melihat dan mempraktekan langsung bagaimana caranya Inseminasi Buatan (IB) ke sapi.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pasca Ghozali Everyday Viral, Platform NFT Dipakai Jualan Cilor dan Lemari https://t.co/vs6AOLqUhE
Inilah Dua Nama Kandidat yag Disebut-sebut Bakal Jadi Pelatih Persib, Siapa Saja Mereka? https://t.co/I5SVsqJivY
Viral, 6 Desa di Sumedang Dijarah Ribuan Monyet Liar https://t.co/g47SPnZfSg
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter