FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Inilah Tips Menyusun 'To Do List' untuk Memanajamen Waktu Kita

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Banyaknya aktivitas seringkali membuat keteteran jika tidak diimbangi dengan manajemen waktu yang baik. Salah satu cara untuk mengatur waktu adalah membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan.

Dosen Institut Pertanian Bogor atau IPB University, Megawati Simanjuntak mengatakan, membuat daftar kegiatan atau yang sering disebut to do list merupakan time management yang baik. Menurutnya, tips tersebut dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

"Banyak riset yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa time management salah satunya dengan membuat to do list. Ini dapat meningkatkan produktivitas bagi profesional maupun aktivitas domestik sehari-hari di rumah," ujar Megawati dalam rilis dari IPB, Selasa (14/9/2021).

Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen ini mengatakan, to do list dapat mengurangi risiko stres dan menghindarkan diri dari kegiatan mendadak maupun tugas yang dikerjakan pada menit-menit akhir.

"Mengandalkan memori otak untuk menghafalkan aktivitas yang harus dilakukan dalam satu hari memang bisa saja dilakukan. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan to do list supaya dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi potensi lupa," katanya.

Menyusun to do list dapat membuat kegiatan yang akan dilakukan lebih terencana, sehingga dapat terhindar dari kebiasaan menunda pekerjaan. Megawati menjelaskan, perencanaan waktu yang baik, dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan membantu mencapai tujuan yang ditetapkan. To do list juga membantu mengurangi beban yang bertumpuk di kepala.

Tips Menyusun To Do List

Peraih dosen berprestasi tingkat nasional ini menyampaikan, to do list dapat disusun dalam buku catatan atau aplikasi yang tersedia pada smartphone. Pemakaian ini menyesuaikan kenyamanan individu masing-masing. Berikut tipsnya:

1. Siapkan Waktu Khusus untuk Membuat perencanaan

Pertama, ia menyarankan supaya menyediakan waktu satu hari sebelumnya untuk menyusun to do list. Misalnya, saat malam hari sebelum tidur.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya https://t.co/ipPKujbNKu
Tiga Pejabat Posisi Vital di Lingkungan Pemkab Subang Pensiun https://t.co/4I5brX59KS
Jose Mourinho Kritik Kinerja Wasit Saat Roma Takluk dari Lazio https://t.co/P45dzDT5d6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter