FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Awas!, Pagi Ini Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas Menyeruak Hingga 2 Km

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Erupsi gunung semeru masih berlangsung hingga pagi ini, guguran awan panas Gunung Semeru dilaporkan masih terus terjadi hingga pagi hari ini, Minggu (5/12/2021).

Menurut laporan Abdul Rohman Jurnalis KOMPAS TV, jarak luncur guguran awan panas berlangsung sekitar 2 km dari ujung lidah lava.

"Aktivitas Gunung Semeru masih tinggi sejak pagi tadi. Awan panas guguran masih terus terjadi di Gunung Semeru ini. Dan jarak luncur tadi disekitar 2 km dari ujung lidah lava," kata Abdul Rohman melaporkan langsung dari Lumajang.

Lebih lanjut, Rohman memaparkan bahwa yang dikhawatirkan dan berbahaya saat ini adalah guguran-guguran lava yang terus terjadi dari perut gunung.

BACA JUGA:
Inilah Fakta-fakta Terkait Meletusnya Gunung Semeru Hari Ini

"Sehingga yang dikhawatirkan seperti ini lava keluar langsung membentuk kubah lava dan jadi guguran- guguran lava. Nah ini yang cukup berbahaya kondisinya masih sangat tinggi pasca erupsi tersebut," paparnya.

Oleh karena itu, hingga saat ini seluruh warga diimbau untuk tidak boleh melakukan aktivitas di sepanjang jalur aliran lahar.

Berdasarkan rekomendasi PVMBG, warga tidak boleh melakukan aktivitas sepanjang 5 km dari puncak gunung.

"Untuk itu warga masih diimbau untuk tidak boleh melakukan aktivitas di sepanjang jalur aliran lahar gunung semeru," jelas Rohman.

Selain itu juga, guguran awan panas yang terjadi Sabtu (4/12) kemarin, merupakan luncuran terjauh dibandingkan dengan erupsi pada tahun 2020.

Bahkan, secara korban juga tahun 2021 terhitung lebih banyak dari tahun sebelumnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pasca Ghozali Everyday Viral, Platform NFT Dipakai Jualan Cilor dan Lemari https://t.co/vs6AOLqUhE
Inilah Dua Nama Kandidat yag Disebut-sebut Bakal Jadi Pelatih Persib, Siapa Saja Mereka? https://t.co/I5SVsqJivY
Viral, 6 Desa di Sumedang Dijarah Ribuan Monyet Liar https://t.co/g47SPnZfSg
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter