FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Situs Setkab Diretas, Siapa Pelakunya?

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pagi tadi, situs web resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) RI diretas. Ternyata bukan kali ini saja situs Setkab diretas. Situs Setkab pernah diretas 'hacker China' enam tahun silam.

Berdasarkan catatan pemberitaan yang dilansir dari detikcom, situs Setkab yang beralamat di www.setkab.go.id pernah diretas pada 25 Desember 2015.

Saat itu, situs Setkab yang diretas memperlihatkan gambar tengkorak dan memperdengarkan musik disko. Pada sore hari, situs menjadi tidak bisa diakses.

BACA JUGA:
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan

"Hasil analisis internal kami, peretasan diduga kuat dilakukan melalui Plugin CMS (Content Management System). Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam keterangan tertuis yang diterima detikcom, 24 Desember 2015.

Situs Setkab berhasil dipulihkan pada hari yang sama, tepatnya pukul 18.45 WIB. Usut punya usut, empat hari keudian terungkap peretasnya berasal dari China. Entah itu hacker China betulan atau bukan, namun dia menggunakan internet protocol (IP) dari China.

"Sebagai informasi awal, sudah diketahui kira-kira siapa yang melakukan itu. Di mana dilakukan belum bisa disebutkan. Tetapi IP-nya sudah diketahui menggunakan IP China," kata Pramono saat itu.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jabar Masuk Lima Besar Indeks Keterbukaan Informasi Publik Terbaik di Indonesia https://t.co/Ss5gVP9MlE
Video Arogansi Oknum Anggota Satpol PP Gegerkan Warga, Begini Ulahnya https://t.co/xMo7RriWQ4
Melalui Twitter, Coldplay Undang Jokowi untuk Terlibat di Global Citizen Live https://t.co/3wXJLs1sgw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter