FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

AJI: Propaganda Setop Sebar Berita Covid-19 Bisa Bahayakan Keselamatan Publik

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Sasmito Madrim mengecam penyebaran seruan untuk tidak membaca, mengunggah, dan membagikan berita Covid-19.

Sasmito menilai, ajakan tersebut dapat membahayakan keselamatan publik. “Seruan ini berpotensi membuat publik tidak mendapatkan informasi yang tepat,” kata Sasmito dalam keterangannya, Sabtu, 17 Juli 2021.

AJI menemukan seruan tersebut disampaikan melalui poster digital dan teks tertulis. Setidaknya terdapat 9 poster digital dengan desain yang mirip dan mengatasnamakan Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Purbalingga, Banyumas, Semarang, Yogyakarta, Majalengka, dan Cirebon. Seruan dalam bentuk tertulis dengan pesan serupa juga menyebar melalui grup-grup WhatsApp.

BERITA LAINNYA;
Jelang Idul Adha, Penambahan Kasus Covid-19 di Subang Masih Tinggi
H-3 Idul Adha, Penambahan Kasus Covid-19 di Majalengka Masih Tinggi
1.128 Terkonfirmasi Covid-19 Masih Jalani Isolasi




Sasmito melihat ada kesamaan pesan agar masyarakat tidak membaca, mengikuti informasi dan berita tentang Covid-19 di media, karena dianggap bisa mengganggu imun. Belum diketahui siapa yang menjadi otak di balik penyebaran poster digital dan teks tertulis tersebut. “Tapi temuan jurnalis di beberapa kota, pesan ini awalnya justru disebarkan oleh pejabat dan aparat setempat,” ujarnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bukan Hanya Kecupan Manis, Ternyata Ada 10 Fakta Unik Tentang Ciuman https://t.co/6IDiMSg2wV
Sekda Subang: PMI Garda Terdepan Urusan Kemanusiaan https://t.co/0RfqdyeJjz
Go Digital, UMKM Harus Siap Lonjakan Permintaan https://t.co/yJInVDevcG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter