FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tipu Ratusan Juta, Warga Pabuaran Ditangkap Saat Semedi



TINJAU PABUARAN- Samin warga warga Pasung Rt 09/03 Desa Peringkasap, Kecamatan Pabuaran, Subang ditangkap belasan warga setempat saat sedang bersemedi.

Samin dituding melakukan aksi penipuan sebesar Rp445 juta dengan iming-iming sebidang tanah. Tarsim adalah korbannya. Ia menggelontorkan dana ratusan juta kepada Samin. Setelah dana diserahkan, alih-alih ada penyerahan tanah, Samin malah "menghilang".

"Kejadiannya November tahun lalu. Dia datang ke rumah saya dan menawarkan tanah sawah dengan cara gadai. Lantaran saya percaya pada Samin, tanpa pikir panjang tawaran itu pun langsung saya setujui," ujar Tarsim kepada TINTAHIJAU.com, Senin (08/12/2014).

Saat itu, Samin mengatakan dirinya memiliki swah seluasnya 200 bata, dan 4 petak, yang akan digadaikan seharga Rp30 juta. Namun belakangan diketahui tanah sawah itu, ternyata milik Orang lain. Modus yang dilakukan pelaku dengan mengontrak tanah sawah dari pemilik.

"Aksi penipuan ini semakin nyata saat saya mau garap swah itu. ternyata akan diambil oleh pemiliknya. Karuan saja, saya kaget. Sementara saya tidak memiliki cukup bukti saya hanya mempunyai bukti ini," tutur Tarsim sambil menunjukan bukti tanda penerimaan uang syah atau kwitansi bermaterai Rp6.000 yang dibubuhi tanda tangan Samin dan sejumlah saksi,

Kecewa meras dibohongi, Tarsim mendatangi kediaman Samin di Dusun Pasung Rt. 09/03. Sayangnya orang yang dicari tidak ada di tempat. Sementara rumah itu dalam keadaan kosong. Setelah diselidiki, kata Tarsim, tidak hanya dirinya yang ditipu, tapi ada puluhan korban Samin.

Samin diketahui sedng semedi di tempat pemakaman umum derah Peringkasap. KOrban yang mengetahui keberadaan Samin langsung menyerbu lokasi. Saat diamankan warga, Samin yang mengenakan baju hitam itu tidak berkutik.

Beruntung Samin tak dihadiahi bogem mentah oleh warga. Samin langsung di giring ke Kantor Baledesa Karanghegar, lalu di laporkan ke Kepolisian setempat. Kasus inipun kini ditangani pihak kepolisian. |Samin dikenai KUHP Pidana pasal 378 dan 372 ancaman kurungan maksimal 8 tahun penjara," kata Kapolsek Pabuaran AKP Zaenal Rosyid melalui Kanit Aiptu Asep Mahdar. [Sandy Zaenudin]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini



Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Dalam 10 Bulan, Pemkab Purwakarta Bertabur Penghargaan https://t.co/CIclG8woX6
Tempati Lahan 15 Hektarem Pesantren Tahfidz - Agrobisnis Bakal Hadir di Desa Cisampih, Subang https://t.co/kpXmNeOuiK
Alami Kenaikan, Penerimaan ZIS di Baznas Subang Capai Rp2.3 Miliar https://t.co/xTKRixDMbG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter