FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pelaku Rekrutmen Pegawai BNI Palsu Berhasil Diringkus Petugas, Raup Hingga Rp40 Juta

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pria berinisial MTN diduga meraup untung Rp40 juta dalam kasus penipuan rekrutmen pegawai BNI 46 dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya dengan modus menyebar lowongan kerja palsu.

Pengungkapan ini berawal dari laporan pihak bank BNI pada 18 Februari lalu. Setelah diselidiki, MTN akhirnya berhasil diringkus di Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, pada 13 Maret.



BACA JUGA:
Geger! Warga Subang Tewas Dalam Sebuah Hotel
Jelang Ramadan, Polres Majalengka Amankan Ratusan Botol Miras
Inilah Fakta-fakta Ibu Kandung yang Tega Jadikan Anaknya Budak Seks untuk Pria Hidung Belang

"Pengungkapan tindak pidana manipulasi data yang seolah-olah otentik melalui media elektronik, intinya mengundang orang berminat untuk direkrut atau mau bekerja di beberapa perusahaan, salah satunya bank BNI," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis (25/3).

Setelah didalami, penipuan rekrutmen itu juga menyasar perusahaan-perusahaan lain, termasuk BUMN.

Dalam melakukan aksinya, tersangka membuat akun email alias surel dengan nama Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.. Surel itu digunakan tersangka untuk menyebarkan informasi palsu yang berisi tentang informasi rekrutmen karyawan BNI.

Dalam informasi itu, tersangka juga menyampaikan informasi bahwa gaji yang ditawarkan untuk pegawai sebesar Rp10 juta.

Jika ada yang berminat, tersangka kemudian mengarahkan korban untuk mengirim surat lamaran dan mengisi data dirinya pada link bit.ly/rekrutment-BNI. Setelah surat lamaran diterima, tersangka lalu menghubungi korban menggunakan email yang telah dibuat sebelumnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Antisipasi Tragedi Tangerang, Lapas Klas II A Subang Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran dan Penggledehan Kamar… https://t.co/srx0qJeKlA
Bali Kembali jadi Sorotan Dunia, Ada Apa? https://t.co/aMy1Wkm7gS
Bukan Hanya Kecupan Manis, Ternyata Ada 10 Fakta Unik Tentang Ciuman https://t.co/6IDiMSg2wV
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter