FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menyibak Industri Rumahan Oncom Dawuan




"Nama Dawuan di belakang kata Oncom, itu menjadi ciri bahwa oncom tersebut berasal dari mana. Ya oncom Dawuan ini dibuat dan tidak ada tempat lain kecuali di Dawuan," kata pembuat Oncom Dawuan di Desa Dawuan Kaler Kecamatan Dawuan, Harun (65) kepada TINTAHIJAU.com.

Menurut Harun, hampir di semua desa di Kecamatan Dawuan, semua warganya trampil membuat oncom. Selain berprofesi sebagai petani maupun pekerja informal mereka mempunyai bakat warisan leluhur mereka untuk membuat oncom. "Tradisi membuat oncom ini sudah puluhan tahun, sejak saya lahir yaitu tahun 1952, Oncom Dawuan sudah ada," tuturnya.

Setiap harinya, Oncom Dawuan ini diproduksi dengan bahan baku minimal 30 kilogram kacang tanah dan aci. Dari 30 kg tersebut, bisa dihasilkan 15 ancak. Dengan perhitungan 1 ancak itu satu kotak persegi dengan ukuran 20cmx20cm.

"Kalau per ancak itu kita jual Rp70 ribu, sedangkan kalau per potong Rp7 ribu saja, Kebanyakan warga dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, Karawang dan beberapa kota lainnya, datang langsung ke rumah-rumah warga belinya per ancak, bisa 5-10 ancak sekali beli. Tapi kalau dijual ke pasar, biasanya dijual satuan," katanya.

Hampir semua rumah di Kecamatan Dawuan membuat Oncom Dawuan setiap harinya. Bahan bakunya, kacang tanah, aci dan resep warisan turun temurun lainnya. "Satu yang membedakan antara Oncom Dawuan dengan oncom biasa lainnya, yakni dari penggunaan bahan baku. Perbedaan bahan baku yang membuat warga dari luar kota Subang, datang mencari makanan tradisional sunda dari Kabupaten Subang ini," tuturnya. [Warlan putra | @warlanPutra]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini



Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya https://t.co/ipPKujbNKu
Tiga Pejabat Posisi Vital di Lingkungan Pemkab Subang Pensiun https://t.co/4I5brX59KS
Jose Mourinho Kritik Kinerja Wasit Saat Roma Takluk dari Lazio https://t.co/P45dzDT5d6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter