FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Diharapkan Genjot PAD Subang, Tahun Depan BUMD Bakal Diguyur Suntikan Modal



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Subang menjadi tulang punggung pemerintah setempat untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD).



Di sejumlah kesempatan Bupati Subang H Ruhimat selalu menekankan BUMD Subang bisa berperan aktif dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Dengan demikian, Ruhimat meminta direksi BUMD untuk terus berinovasi dan berkreasi serta membangun kolaborasi dengan pihak lain. Harapan tersebut, sejalan dengan kabupaten Subang yang bakal lepas landas menuju Kawasan Industrialisasi pada beberapa tahun ke depan.

Tidak hanya berharap, Bupati juga tidak jarang "menawarkan" kerjasama dengan investor dan calon investor yang masuk ke Subang, tidak terkecuali dengan sejumlah proyek strategi nasional, seperti Pelabuhan Patimban dan Bendungan Sadawarna di Kecamatan Cibogo.

Sekedar informasi, BUMD yang dimiliki Pemkab Subang adalah PT Subang Sejahtera, PT Subang Energi Abadi, Perumda Air Minum Tirta Rangga, dan PT BPR Subang Gemi Nastiti serta BRSUD Ciereng Subang.

Di bagian lain, tahun depan BUMD tersebut akan diguyur dana penyertaan modal. Untuk memuluskan suntikan modal tersebut, Lewat Bagian Perekonomian Setda Subang, Pemerintah Kabupaten Subang mengusulkan Raperda tentang Penyertaan Modal Pemda Kabupaten Subang kepada BUMD. Raperda tersebut dibutuhkan sebagai legal standing penyertaan modal.



Raperda itu kini masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD Subang di tahun 2023. Bapemperda DPRD Subang menerima 12 usulan rancangan peraturan daerah (Raperda) di tahun 2023 mendatang. 12 Raperda itu masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) di tahun 2023 mendatang. Dari 12 usulan terseut, sembilan usulan Eksekutif dan tiga lainnya merupakan insiatif DPRD.


Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Subang, Ahmad Bukhori mengatakan Sembilan Raperda yang diusulkan Pemkab adalah soal Kawasan Industri Berwasan Kemitraam, Rencana Pembangunan Industri, Pajak Daerah dan Rertibusi, dan penyertaan modal untuk Badan Usaha Milik Daerag.

Selain itu Raperda lain yang diusulkan adalah Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat; dan Raperda Penyelenggaran Ibadah Haji yang diusulkan Bagian Kesra Setda Subang



Sementara tiga Raperda usulan DPRD adalah tentang  penyelenggaraan Ketenaga Kerjaan, Tanggung jawab sosial dan Lingkungan Perusahaan atau CSR dan Raperda fasilitas penyelenggaraan pesantren.

Sementara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.