FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ekspor Perdana, Subang Kirim 150 Ton Kopi ke Arab Saudi



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Kopi Subang masuk ke Pasar Arab Saudi. Ekspor perdana, Subang mengekespor 150 ton kopi pada Jum'at (17/09/21).

Pengiriman perdana kopi Subang ke Arab Saudi dilepas Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan disaksikan pejabat Kementerian Koperasi, Bupati Subang H Ruhimat dan pejabat Pemkab. Pelepasan kopi ini dilaksanakan di Daerah Cisalak.

Teten Masduki mengatakan, ekspor kopi lokal ke Arab Saudi sebagai bentuk percepatan implementasi koperasi modern yang berorientasi ekspor di Kabupaten Subang. Dia menegaskan ekspor Kopi Java Preanger Arabica Specialty dari Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah ini menunjukkan Kopi Indonesia memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing di kancah Internasional.

"Kopi menjadi salah satu komoditas pangan Indonesia yang potensial dan memiliki harga jual yang lebih mahal di dunia, khususnya di Jawa Barat sendiri memiliki potensi yang besar untuk pengembangan komoditas kopi," kata Teten


BERITA LAINNYA:
Wabup dan Kemenkop Bahas Pengembangan Kopi dan Nanas Subang
Wohooo, Ternyata Ada Desa Devisa Kopi di Kabupaten Subang
Kopi Subang Siap di Ekspor Melalui Desa Devisa

Menteri Koperasi dan UKM RI mengatakan ekspor ini menjadi contoh konkret, jika para petani kopi yang awalnya hanya menanam secara perorangan dalam skala non ekonomis atau lahan sempit kemudian setelah dikonsolidasi oleh koperasi sehingga mampu menghasilkan produk yang bisa terhubung dengan pasar global untuk menjaga kontinuitas suplai dan kualitasnya. "Melihat progres ini InsyaAllah koperasi bisa menjadi salah satu kekuatan pangan nasional," ujarnya.

Pendekatan koperasi sebagai konsolidator usaha-usaha di sektor pertanian, peternakan perikanan, imbuhnya, akan terus direplikasi pada sektor lainnya. Oleh karenanya dengan konsolidasi, usaha-usaha mikro perorangan dalam skala ekonominya dapat terhubung dengan kepembiayaan, market dan industri pengolahannya, sehingga dapat menjadi sirkuit ekonomi dimana setiap tahapan produksi benefitnya akan diterima oleh masyarakat.

Ketua Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah, Miftahudin Shaf menyampaikan bahwa kegiatan ekspor ini merupakan yang perdana untuk dikirimkan ke Arab Saudi dengan total kontrak 150 ton dengan nilai 1 Juta USD.

"Saat ini dilakukan pengiriman pertama dengan jumlah 18 ton dengan nilai 148 ribu USD atau sekitar 2 Milyar rupiah, dan untuk pengiriman selanjutnya InsyaAllah akan dilakukan bertahap setiap bulannya satu container," ujar Ketua Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bripda Randy yang Perkosa Novia Widyasari Akhirnya Dipecat Secara Tidak Hormat https://t.co/cOtVD4TOnu
BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia dan 56 Luka Akibat Erupsi Gunung Semeru https://t.co/hKVt1pU8wG
Tahukan Kamu, Sebenernya Temanmu Suka Padamu, Ini Tanda-Tandanya https://t.co/JfWtYJCJ5y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter