FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Go-To: Strategi Untuk Maju di Era Sekarang Adalah Kolaborasi, Bukan Kompetisi



Perubahan terjadi begitu cepat, termasuk adanya teknologi benar-benar membuat aktivitas manusia menjadi melesat jauh. Beberapa perusahaan besar dan ternama di negeri ini pun terus berinovasi dan beradaptasi seiring dengan kemajuan zaman. Adapun strategi untuk mencapai tujuan maasing-masing mungkin berbeda. Namun, yang unik adalah ketika dua perusahaan raksasa melakukan kerjasama. Karena strategi untuk maju di era saat ini bukan kompetisi, melainkan kolaborasi.

Yang belum lama ini dilakukan oleh Gojek dan Tokopedia, yakni merger dua perusahaan menjadi satu, menjadi GO-TO: Gojek dan Tokopedia. Apa tujuan penggabungan itu?
Sebab kurang lebih orang-orang penting di Gojek ini punya asupan ilmu yang bergizi tinggi, entah dari kampus terbaik dunia atau rekam jejak pekerjaan mereka,



Ada bold statement dari CEO Gopay, Aldi Haryopratomo —"Kita cenderung melihat ke luar negeri yang dirasa lebih maju, Jepang dengan budaya efisiensi, Jerman dengan budaya telaten dan rapih. Padahal Indonesia punya sesuatu yang gak dimiliki negara lain, yaitu rasa kekeluargaan. Rasa memiliki sebagai sodara dan merasa saling terhubung." Di sisi lain, Syafri Bahar, seorang PV of Data Science Gojek, bercerita kalo dirinya udah lama tinggal di luar negeri dengan pekerjaan yang menjanjikan. Lantas milih pulang lagi, alasannya karena beliau merasakan "rumah" itu hanya di Indonesia.

Well, ini menarik, berapa banyak coba yang mengesampingkan ego dalam bekerja? Maksudnya, bener-bener ngebuang ambisi untuk kepentingan pribadi. Mikirnya bukan “saya, saya, saya”, atau “bukan hanya untuk saya”. Seperti yang kita tahu, dalam bekerja pasti kita ingin mencapai sesuatu. Untuk bisa sukses (dalam hal apapun) tentu butuh pengorbanan dan usaha besar. Semua itu bakal terasa berat, tapi jadi ringan kalo dilakukan bareng-bareng dan saling merangkul. "Ini bisa jadi kekuatan untuk maju dan berkolaborasi. Bukan saling membenci, menyakiti, bahkan menipu", tambah Aldi.



 Tahun 2021, jadi tidak perlu kaget kalau saat ini Gojek menggandeng Tokopedia yang notabene pemain besar di sektor e-commers. Apalagi kalo bukan buat "jalan jauh bareng-bareng". Sesuai mottonya Go-To: "Go Far, Go Together". Bahkan CEO Tokped, William Tanuwijaya, pernah bilang "Kami percaya kesuksesan itu hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses". Secara prinsip sangat kawin antara 2 perusahaan raksasa itu. Romantis.

Kalau sudah seperti ini sebesar apapun tujuannya bakal masuk akal. Sekarang untuk maju bukan lagi dengan memenangkan kompetisi, namun berkolaborasi. Dengan adanya GO-TO semoga memberi dampak nyata lebih banyak dan lebih luas.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya https://t.co/ipPKujbNKu
Tiga Pejabat Posisi Vital di Lingkungan Pemkab Subang Pensiun https://t.co/4I5brX59KS
Jose Mourinho Kritik Kinerja Wasit Saat Roma Takluk dari Lazio https://t.co/P45dzDT5d6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter