FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Awas Jebakan Pinjol Ilegal! 5 Menit Cair, Seumur Hidup Bayar Utang

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai sibuk menerima laporan keluhan korban pinjaman online (pinjol). Tercatat, dalam tiga bulan terakhir, ada hampir 100 laporan warga yang masuk.  

"Ada sekitar 91 laporan yang masuk mengenai pinjol, itu data tiga bulan terakhir yang masuk baik melalui datang langsung atau melalui surat," ujar Kepala OJK Tasikmalaya Edi Ganda Permana, seperti di kutip dari Liputan6.com, Sabtu (5/6/2021).

Edi mengatakan, pinjaman online ilegal sangat meresahkan masyarakat, selain jeratan bunga pinjaman yang memberatkan nasabah, pola dan cara mereka melakukan penagihan tidak sesuai aturan.

Kondisi itu didukung masih minimnya pengetahuan warga mengenai literasi keuangan saat ini, termasuk mengenai seluk beluk pinjaman online tersebut. "Warga yang tidak bankable, jelas saat membutuhkan uang dalam waktu cepat larinya ke pinjol," ujarnya.

BACA JUGA: Inilah Fakta-fakta Seorang Guru TK yang Terjerat Layanan Pinjol, Dipecat Hingga Nyaris Bunuh Diri

Saat ini, potensi kebutuhan keuangan masyarakat terbilang tinggi. Dari sekitar Rp2.600 triliun kebutuhan dana masyarakat, baru sekitar Rp1.000 triliun yang bisa ditanggulangi pihak perbankan nasional.

"Ada sekitar Rp 1.600 triliun kebutuhan uang warga yang belum terpenuhi, sehingga potensinya memang masih besar," ujar dia.

Potensi itulah yang menjadi ladang bagi menjamurnya perusahaan pinjol ilegal yang bertebaran di dunia maya saat ini. "Data OJK mencatat yang resmi itu (Perusahaan Pinjol) baru sekitar 143 perusahaan, di luar itu belum kami belum tahu (legalitasnya)," kata dia.

Edi mengakui, salah satu keunggulan pinjol yakni mempu memberikan solusi cepat bagi masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan finansial dalam waktu singkat.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Alhamdulillah, Populasi Badak Jawa dan Elang Jawa Bertambah https://t.co/UbrG0rQhxo
Anji Drive Ditangkap Karena Kasus Narkoba https://t.co/LCTmNjuha1
Gawat!, Covid-19 di Jakarta Menngkat 302 Persen https://t.co/DH3YpTeYft
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter