FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kenali Resiko Pernikahan Dini, Jangan Salah Ambil Keputusan

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pernikahan di masa pandemi Covid-19 ini marak menjadi perbincangan. Bukan hanya di kalangan artis, namun masyarakat juga banyak yang melangsungkan pernikahan saat ini. Pasalnya, tamu undangan yang dibatasi dianggap menguntungkan bagi pemangku hajat karena meminimalisir biaya.



Namun, tak sedikit pula masyarakat yang melangsungkan pernikahan dini, yaitu dibawah usia 20 tahun. Pengetahuan pengantin tentang pernikahan dan rumah tangga yang belum memadai, menjadi resiko yang dapat berakibat fatal jika menikah dengan tergesa-gesa.

Adapun dampak buruk dari pernikahan dini, dilansir dari Popmama, antara lain:



1. Merasa kurang percaya diri

Mereka yang menikah di bawah umur biasanya berhenti sekolah dan kehilangan waktu-waktu bersama teman-temannya. Menurut penelitian, perempuan yang menikah di bawah umur memiliki tingkat pendidikan yang rendah dibanding mereka yang menikah di umur cukup. 



Baca Juga:
Romantis Dalam Pernikahan, Ini Yang Wajib Dilakukan

Kemudian, menurut penelitian di Ghana, perempuan yang menikah di bawah umur memiliki otonomi yang lebih rendah di dalam urusan rumah tangga. Seperti contoh, mereka tidak bisa banyak memutuskan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengalaman dan tekanan dari pasangannya, demikian dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov.

Sehingga, mereka cenderung menarik diri dan merasa rendah diri saat berhadapan dengan keluarga dan teman sebayanya. 

2. Mengalami depresi karena tidak siap dengan kehidupan rumah tangga

Perempuan yang menikah muda cenderung belum siap untuk menghadapi kehidupan rumah tangga. Mereka harus dihadapkan dengan banyak tanggung jawab, mulai dari mengurus rumah hingga suami.

Hal ini memicu depresi lantaran mereka belum punya bekal dan memang belum waktunya untuk mengurus itu semua, demikian dilansir dari theconversation.com.

Ketidaksiapan ini bisa memicu stres yang jika tidak ditangani dengan baik bisa menimbulkan banyak masalah mental seperti depresi. 

3. Risiko mengalami baby blues



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jelang Nataru, Polres Majalengka Cek Kelayakan Kendaraan https://t.co/yRN74uYZs1
Di Negara Ini, Sebar Gosip di Medsos Bisa Didenda Ratusan Juta https://t.co/zr4Wa5DYFG
Pemkab Majalengka Kembali Guyur Kadeudeuh untuk Atlet Berprestasi di Peparnas XVI Papua 2021 https://t.co/nY2WzHqMWF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter