FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Awas! Kenali Dampak Buruk Internet yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Saat ini Internet bukanlah suatu hal yang asing, dimana-mana orang telah menggunakan Internet baik menggunakan perangkat PC, laptop, tablet mapun smartphone.

Tidak hanya lebih mudah untuk mendapatkan informasi, Internet telah merubah hampir semua tatanan kehidupan manusia moderen saat ini. Kemudahan itulah yang bisa menyebabkan mengapa orang-orang di seluruh dunia bisa menjadi kecanduan internet.

Manfaat yang diberikan oleh penggunaan Internet dalam kehidupan sehari-hari tidak perlu diragukan lagi. Namun, ada kekhawatiran tentang efek negatif yang berkembang seiring dengan pertumbuhan internet, seperti kurangnya kontrol atas sumber informasi, kebocoran keamanan dan privasi penggunanya, sampai menjadi kecanduan akan internet.

Efek negatif dari penggunaan Internet saat ini menjadi perhatian banyak pihak dan bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat, terlebih pengaruhnya bagi anak-anak remaja. Berikut ini beberapa efek negatif dari penggunaan internet yang harus kamu ketahui.

1. Kurangnya komunikasi tatap muka

Kedengarannya sangat ironis ketika kurangnya komunikasi tatap muka disebut-sebut sebagai salah satu efek negatif dari Internet karena Internet seharusnya mendekatkan orang. Tetapi kenyataannya adalah bahwa entah bagaimana banyak orang merasa lebih mudah untuk berkomunikasi melalui Internet daripada dengan cara langsung bertatap muka.

Kemudahan berkomunikasi yang ditawarkan internet akan membuat kamu lebih suka berdiskusi melalui aplikasi chat dan pesan yang tersedia di Internet. Hal ini bisa mempengaruhi hubungan pribadi kamu dengan teman dan keluarga. Karena entah bagaimana, kebiasaan suka mengobrol secara online itu bisa memisahkan kamu dari kehidupan dunia nyata.



BACA JUGA:
Hacker Anonymous Bagikan Cara Akses Internet untuk Warga Iran Pasca Pemutusan Akses Internet oleh Pemerintah

2. Kurangnya kreativitas

Salah satu fitur penting Internet adalah sumber informasi yang tidak terbatas. Fitur ini menguntungkan pengguna dengan akses cepat ke informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Namun, hal tersebut bisa membuat kamu akan menjadi kurang kreatif karena secara kamu sadari atau tidak, kemudahan untuk mendapatkan semua informasi yang kamu butuhkan dari internet bisa meningkatkan plagiarisme, yang menyebabkan kurangnya kreativitas.

3. Cyber bullying

Cyber Bullying pada dasarnya adalah istilah untuk menggambarkan intimidasi menggunakan Internet. Kerugian ini dapat dianggap sebagai salah satu efek negatif paling jahat dari Internet. Sudah banyak orang yang menjadi korban cyber bullying. Pengguna internet lebih rentan menjadi korban bully karena cara bully di internet itu lebih aman dan lebih mudah daripada bully secara fisik karena hampir tidak ada peraturan atau hukum untuk mengendalikan masalah cyber bullying.

Para korban intimidasi dunia maya mungkin merasa terhina atau malu karena komentar atau pendapat yang jahat dan buruk. Efek negatif akan lebih buruk pada remaja, terutama pada mereka yang berada dalam masa puber dengan semua kerentanan dan kepekaan yang dimiliknya. Ada beberapa kasus dari korban cyber bullying yang membuat korbannya menjadi gila dan akhirnya bunuh diri.

4. Membuang-buang waktu

Kebiasaan penggunaan internet akan membuat kamu akan menghabiskan terlalu banyak waktu di Internet, dan kamu harus mengurangi waktu untuk kegiatan lain, seperti bekerja atau belajar. Sebagai penyedia hiburan tanpa batas, internet entah bagaimana mirip dengan lubang hitam yang bisa menghisap kamu untuk masuk ke dalamnya dan tidak memungkinkan kamu untuk keluar.

Banyak anak remaja dan kaum milenial yang menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk menonton film, berselancar di internet, dan bermain game daripada memanfaatkan waktunya untuk belajar atau melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Hal ini akan menjadi efek negatif dari internet karena kamu akan lebih sering membuang-buang waktu berharga yang kamu miliki hanya untuk bermain internet.

BACA JUGA:
Kenali 4 Hal yang Bisa Bikin Koneksi Internet Kamu Lemot

5. Mengabaikan keluarga dan orang sekitar

Penggunaan sesuatu yang berlebihan selalu menciptakan efek samping, tidak terkecuali Internet. Ketika kamu menggunakan internet terlalu banyak, secara tidak sadar kamu bisa mengabaikan keluarga dan orang terdekat kamu. Ketika kamu menghabiskan sebagian besar waktu kamu untuk berselancar di Internet, kamu menjadi tidak peka terhadap kehidupan nyata dan orang-orang di sekitar kamu, termasuk anggota keluarga kamu sendiri.

Tujuan awal dari penggunaan Internet adalah untuk membuka pintu ke dunia baru, bukan untuk menutup diri dari kehidupan nyata. Bagi kebanyakan remaja dan milenial, Internet adalah satu-satunya teman yang bisa dimiliki, sementara waktu untuk keluarga dan untuk orang-orang terdekat diganti dengan jam browsing internet. Hal ini yang menyebabkan kamu bisa mengabaikan keluarga dan membuat kamu ragu untuk berbicara atau berinteraksi dengan orang-orang disekitar kamu.

baca selanjutnya di halaman berikutnya