FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak Saat Musim Hujan

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM- Saat musim hujan tiba, beberapa penyakit memang lebih mudah menyerang anak saat musim hujan. Hal ini karena kelembapan udara yang meningkat, menggenangnya air, dan banjir saat musim hujan merupakan faktor yang ideal untuk pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Sistem kekebalan tubuh anak juga umumnya belum bekerja sekuat sistem imun orang dewasa. Ditambah lagi, anak-anak cenderung belum mengetahui pentingnya menjaga kebersihan atau cara membersihkan diri yang baik.

Ada beberapa penyakit musim hujan yang paling sering dialami oleh anak-anak. Berikut adalah daftarnya:

1. Flu

Flu mudah sekali menular pada anak ketika musim hujan. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini dapat menyebar melalui percikan air liur penderita saat batuk atau bersin dan terhirup oleh anak. Gejala yang bisa dikenali dari flu adalah demam, pusing, nafsu makan menurun, batuk, pilek, mual, dan muntah.

Meski bukan penyakit yang berbahaya dan umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, flu pada anak tidak boleh dianggap remeh. Virus influenza kadang kala dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi telinga atau pneumonia.

2. Diare

Diare ditandai dengan meningkatnya buang air besar (BAB) lebih dari 3 kali dalam sehari dengan tinja yang lebih cair. Kondisi ini bisa disebabkan oleh masuknya bakteri atau virus melalui makanan atau tangan yang kotor.

Pada musim hujan, tanah cenderung becek dan sumber air pun bisa menjadi lebih kotor. Jika Si Kecil makan sembarangan atau tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik, ia akan lebih berisiko untuk terkena diare.

Diare pada anak umumnya bisa pulih dalam 1 atau 2 hari. Akan tetapi, diare yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi berat dapat menyebabkan penurunan kesadaran, kejang, bahkan kematian.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pasca Ghozali Everyday Viral, Platform NFT Dipakai Jualan Cilor dan Lemari https://t.co/vs6AOLqUhE
Inilah Dua Nama Kandidat yag Disebut-sebut Bakal Jadi Pelatih Persib, Siapa Saja Mereka? https://t.co/I5SVsqJivY
Viral, 6 Desa di Sumedang Dijarah Ribuan Monyet Liar https://t.co/g47SPnZfSg
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter