FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kenali Tanda dan Cara Mencegah Osteoporosis

Indeks Artikel



Ilustrasi penderita osteoporosis (africa-studio/shutterstock)

SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Hari Osteoporosis Sedunia yang jatuh pada 20 Oktober tiap tahunnya, edukasi terhadap semua orang terutama perempuan Indonesia diperlukan untuk mewaspadai penurunan massa tulang mulai usia 30 tahun.

Osteoporosis merupakan penyakit yang sering hadir tanpa disadari. Ini karena penyakit tersebut tidak memberikan gejala hingga penderitanya mengalami keluhan yang bermakna.

Tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami osteoporosis. Ini karena penyakit yang membuat tulang kehilangan kepadatannya itu dapat menyebabkan fraktur dan patah tulang. Akibatnya, penderita akan mengalami gangguan aktivitas hingga penurunan kualitas hidup secara keseluruhan.

Kendati begitu, beberapa ahli menduga bahwa keadaan berikut ini memiliki hubungan yang erat dengan terjadinya osteoporosis yang dikutip dari KlikDokter:

1. Patah tulang tiba-tiba
Sebagian besar kasus patah tulang terjadi akibat adanya benturan benda keras pada bagian tubuh tertentu. Namun, pada orang yang mengalami osteoporosis, cedera ringan seperti tersandung saat sedang berjalan perhalan sudah cukup untuk membuat tulangnya retak atau patah.


2. Tulang atau sendi sering terasa nyeri
Sering mengalami nyeri pada tulang atau sendi tanpa sebab yang jelas? Bisa jadi itu adalah pertanda dari adanya osteoporosis. Pasalnya, ketika tulang kehilangan kekuatan untuk menahan bobot tubuh, keluhan nyeri pada bagian tubuh tertentu termasuk sendi akan sangat mungkin terjadi.




3. Tinggi badan menyusut atau tubuh bungkuk
Proses pengeroposan pada tulang belakang yang terjadi secara diam-diam dan berkelanjutan bisa membuat seseorang kehilangan tinggi badan. Bahkan, bukan tidak mungkin bentuk tubuh juga akan menjadi bungkuk.

Cara mencegah osteoporosis



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Arief Poyuono Sebut Keputusan MK Soal UU Cipta Kerja Kontra Produktif dengan Program Pemerintah https://t.co/ASV5S4w5RL
BMKG Ingatkan Hujan Petir Diprediksi Terjadi pada 27 November https://t.co/bZj8k8cFdh
Soal Putusan MK, Kemnaker Sebut Indonesia Memerlukan Upah Berbasis Kinerja https://t.co/yg0kdp6pMV
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter