FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ingin Punya Perut Sixpack? Lakukan 7 Pola Makan Ini

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pola makan untuk perut sixpack ini cocok untuk kamu yang mau lebih sehat dan percaya diri. Kuncinya ada pada asupan makanan sehat yang jenisnya tepat.

Mendapatkan perut rata atau bahkan perut sixpack jadi impian banyak orang. Selain olahraga, perut sixpack bisa didapat dengan menjalani pola makan yang tepat.

Pola makan ini sangat gampang ditiru dan bisa mulai kamu praktikkan pelan-pelan. Misalnya saja dengan memperbanyak asupan serat.

Lalu hindari juga makanan dan pola makan yang mungkin membuat perut kamu buncit. Salah satunya dengan menghindari minuman manis yang bisa menambah berat badan.

Dikutip dari Eat This Not That (16/9), berikut 7 pola makan untuk perut sixpack:

1. Konsumsi makanan tinggi vitamin B

Stress psikologis ternyata bisa memicu penumpukan lemak di perut. Ketika kamu stress, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Beberapa penelitian menunjukkan hormon ini bisa menyebabkan penyimpanan lemak yang lebih lebih banyak di perut, menurut ahli gizi Jeanette Kimszal.

Guna mencegah hal ini, konsumsi banyak makanan tinggi vitamin B bisa jadi solusi karena jenis vitamin ini bisa mengurangi stress dan memelihara kesehatan sistem saraf. Makanan tinggi vitamin B antara lain sayuran hijau, alpukat, biji bunga matahari, almond, brokoli, kacang-kacangan, dan buah citrus.

2. Perbanyak makanan tinggi serat

Jenis lemak paling penting untuk disingkirkan adalah lemak visceral atau lemak perut. "Lemak perut yang ada di sekitar organ tubuh ini dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit sindrom metabolik, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular," kata ahli gizi Nicole Stefanow.

Cara ampuh untuk melawan keberadaan lemak perut adalah mengonsumsi makanan tinggi serat. "Serat larut bertindak sebagai prebiotik yang difermentasi oleh bakteri sehat dalam usus untuk menciptakan SCFAs, yang dibuktikan penelitian berkaitan dengan penurunan lemak visceral dan adipositas," kata Nicole. Adapun makanan tinggi serat yang bagus dikonsumsi rutin adalah kacang-kacangan, biji-bijian, oat, dan sayuran seperti brokoli dan kembang kol.

3. Gunakan rempah

Penambahan rempah dalam masakan bukan hanya melezatkan rasanya, melainkan juga bantu menyingkirkan penumpukan lemak di perut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan rempah dalam menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Rempah yang bisa kamu pakai antara lain kunyit, jahe, pala, kayu manis, daun kari, paprika, bubuk cabai, jinten, hingga cabai merah. Ada juga kapulaga yang punya fungsi spesial untuk melawan efek buruk dari konsumsi terlalu banyak karbohidrat.




4. Berhenti minum minuman manis

Pola makan ini mungkin sangat sulit dipraktikkan, namun kalau kamu mau perut sixpack, berhenti konsumsi minuman manis. Mulai dari soda, jus buah kemasan, hingga es teh manis.

Dr. Jampolis menjelaskan, "Minuman manis adalah 'silent killers' yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan, terutama memicu lemak perut berbahaya, dan menempatkanmu pada risiko penyakit stroke hingga diabetes yang lebih tinggi." Usahakan hanya minum air putih saja. Bisa juga dengan konsumsi teh hijau tanpa gula yang bermanfaat menyingkirkan lemak perut.

5. Makan pelan-pelan

Terlihat sederhana dan sepele, namun makan pelan-pelan bantu kamu mendapatkan perut yang rata dan langsing. Ahli gizi Trista Best mengatakan, ketika kamu makan terlalu cepat, kamu berakhir menelan lebih banyak udara yang bisa memicu kembung.

Apalagi ketika kamu mengonsumsi makanan mengandung gluten, produk olahan susu, atau makanan tinggi serat. Konsumsi jenis makanan ini menimbulkan risiko kembung yang lebih tinggi. Usahakan makan pelan-pelan alias tidak terburu-buru untuk mencegah adanya gas di dalam perut yang bisa bikin perut kamu buncit.

6. Berhenti makan sebelum kenyang

Senada dengan anjuran dalam Islam, kalau kamu mau perut sixpack atau rata, usahakan selalu berhenti makan sebelum kenyang. Pola makan ini bisa mencegah kamu mengasup terlalu banyak kalori yang pada akhirnya menurunkan berat badan.

Pakar nutrisi Kristin Kirkpatrick mengatakan agar kamu melihat makanan sebagai 'bahan bakar'. "Makan terlalu kenyang berarti membuat kamu mengisi terlalu banyak bahan bakar ke dalam tubuh," ujarnya. Pastikan berhenti makan bukan saat kamu sudah kenyang, melainkan ketika kamu sudah tidak lapar.

7. Pilih makanan yang bisa membuat perut rata

Kunci mendapatkan perut sixpack atau rata adalah memastikan kamu berada dalam kondisi defisit kalori. Caranya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Jenis makanan ini disebut-sebut sebagai yang ampuh untuk meratakan perut.

Ahli gizi Karisa Karmali merekomendasikan minum banyak air, mengasup banyak serat, dan makan makanan tinggi protein. Mulai dari dada ayam, ikan, kacang-kacangan, dan whey protein.

Sumber: detikFood | Foto: Ilustrasi/Pexels.com

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bripda Randy yang Perkosa Novia Widyasari Akhirnya Dipecat Secara Tidak Hormat https://t.co/cOtVD4TOnu
BNPB Sebut 14 Orang Meninggal Dunia dan 56 Luka Akibat Erupsi Gunung Semeru https://t.co/hKVt1pU8wG
Tahukan Kamu, Sebenernya Temanmu Suka Padamu, Ini Tanda-Tandanya https://t.co/JfWtYJCJ5y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter