FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jangan Anggap Remeh, Kentang Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Banyak dari kita mengkonsumsi kentang saat mengganti nasi, selain itu kentang juga relatif lebih murah, mudah tumbuh di berbagai kondisi cuaca dan yang tak kalah penting, kentang juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat dibanding sayur dan buah.

Manfaat kentang tak hanya sebagai karbohidrat sehat, melainkan mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kentang kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Manfaat kentang juga merupakan sumber antioksidan seperti flavonoid, karotenoid dan asam fenolik.

Manfaat kentang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dan bahkan mengobati peradangan. Manfaat kentang bisa didapat setiap hari sebagai sumber karbohidrat. Berikut manfaat kentang untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (21/7/2021).

Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Kontrol gula darah

Kentang mengandung jenis pati khusus yang dikenal sebagai pati resisten. Pati ini bisa membantu mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya, meningkatkan kontrol gula darah. Sebuah penelitian terhadap penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan pati resisten membantu menghilangkan kelebihan gula darah dengan lebih baik setelah makan.

Kontrol tekanan darah

Kentang mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang membantu mengontrol tekanan darah. Mineral ini telah ditemukan mampu menurunkan tekanan darah secara alami. Tingginya kadar kalium dalam darah dapat membuat ginjal mengeluarkan lebih banyak garam dan air. Ini membantu menurunkan tekanan darah.

Sehatkan jantung

Manfaat kentang yang tak kalah hebat adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam kentang, semuanya mendukung kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara asupan kalium mengurangi risiko semua penyebab kematian dan penyakit jantung.

Turunkan kolesterol

Kentang kaya akan serat yang membantu menurunkan kolesterol. Kandungan serat tertinggi pada kentang ada pada kulitnya. Jadi pastikan turut mengonsumsi kentang bersama kulitnya untuk mendapat manfaat kentang yang maksimal.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Oknum PNS Jualan Hasil Swab PCR Palsu, Ditawarkan Hingga Rp1,5 Juta https://t.co/GYk8Wq56rG
Ahli Gizi Buka Suara Soal Air Rebusan Mie Instan https://t.co/haymzyu6uH
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan https://t.co/1sfgN5xGgc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter