FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Selain Menjadi Lebih Gaya, Ternyata Ada Manfaat Lain Saat Menggunakan Kacamata Hitam

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Banyak orang menggunakan kacamata hitam untuk alasan fesyen. Namun, di luar membuat tampilan jadi lebih menarik, kacamata hitam juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan.

Kacamata hitam pada dasarnya dibuat sebagai bentuk perlindungan mata dari paparan sinar ultraviolet.

Pada abad ke-21, pengaruh buruk sinar UV mulai dikenal dengan luas. Akibatnya, tak hanya untuk membuat tampilan lebih menarik, banyak orang berbondong-bondong menggunakan kacamata hitam untuk melindungi matanya.

Faktanya, beberapa masalah kesehatan pada mata disebabkan oleh paparan sinar UV berlebih. Di sini lah manfaat kacamata hitam untuk kesehatan mulai diketahui. American Optometric Association bahkan menyarankan Anda untuk selalu menggunakan kacamata hitam pada siang hari.

BACA JUGA: Awas! Jangan Makan Nasi dengan Tiga Tambahan Makanan Ini, Bisa Mengancam Seisi Rumah

Berikut manfaat memakai kacamata hitam untuk kesehatan, mengutip Medicine Net dan berbagai sumber.

1. Mencegah katarak

Kacamata hitam melindungi mata dari sinar UV. Pada saat yang sama, sinar UV juga diketahui menjadi salah satu faktor yang menyebabkan katarak.

Katarak merupakan area padat dan keruh yang terbentuk di lensa mata. Katarak muncul saat protein di mata membentuk gumpalan yang mencegah lensa mengirimkan gambaran jelas ke retina, yang pada akhirnya dapat mengganggu penglihatan.

Mengutip British Medical Journal, paparan radiasi sinar UV dapat menyebabkan pembentukan katarak. Radiasi ultraviolet juga menjadi faktor risiko kerusakan retina pada anak.

2. Mencegah degenerasi makula

Selain menurunkan risiko katarak, penggunaan kacamata hitam juga dapat melindungi mata dari ancaman degenerasi makula. Manfaat ini diberikan dengan cara melindungi mata dari cahaya biru sebagai salah satu spektrum matahari yang dapat memicu degenerasi makula.

Degenerasi makula menyebabkan hilangnya penglihatan di bagian tengah bidang pandang. Penglihatan yang kabur adalah salah satu gejala utamanya.

Mengutip laman American Macular Degeneration Foundation, cahaya biru adalah bagian dari spektrum cahaya matahari yang tak kasat mata dan berbahaya bagi mata. Cahaya biru ini dapat merusak retina mata.

Simak manfaat memakai kacamata hitam lainnya di halaman berikutnya.






3. Mencegah fotokreatitis

Penggunaan kacamata hitam juga disebut dapat mencegah kondisi fotokreatitis. Nama terakhir merupakan kondisi mata yang menimbulkan rasa sakit akibat paparan sinar UV, baik dari sinar matahari atau sumber buatan manusia.

Mengutip laman American Academy of Ophthamology, fotokreatitis akan terasa seperti mata yang terbakar sinar matahari. Kondisi ini memengaruhi lapisan permukaan tipis kornea dan konjungtiva.

Selain disebabkan oleh kerusakan mata akibat sinar UV, fotokreatitis juga dapat dipicu oleh pantulan sinar matahari dari pasir, air, es, dan salju. Bisa juga terjadi saat Anda menatap matahari, seperti menyaksikan gerhana matahari secara langsung tanpa menggunakan alat khusus.

BACA JUGA:
Apakah Vaksin AstraZeneca Aman Digunakan? Begini Kata Pakar Imunisasi

4. Penglihatan lebih nyaman di siang hari

Siang hari adalah waktu di mana sinar matahari yang begitu terik. Teriknya sinar matahari terkadang membuat penglihatan jadi tak nyaman. Tak jarang orang menyipitkan mata hanya untuk melihat sebuah objek karena pantulan sinar matahari yang mengganggu.

Dengan menggunakan kacamata hitam, penglihatan di siang hari jadi lebih nyaman. Anda tak perlu lagi menyipitkan mata untuk melihat sebuah objek.

5. Lebih mudah beradaptasi dengan cahaya gelap

Perpindahan cuaca dari terang ke gelap akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Misalnya saja, memasuki ruang rumah dengan cahaya yang lebih redup setelah beraktivitas di siang hari yang terik tentu akan membuat mata perlu menyesuaikan diri.

Faktanya, paparan cahaya terang bisa membuat seseorang lebih sulit menyesuaikan diri saat harus berhadapan dengan ruang atau area yang lebih gelap. Penggunaan kacamata hitam dinilai membantu mata untuk lebih mudah beradaptasi pada cahaya gelap.

Sumber: CNN Indonesia | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Asyik! Bakal Ada Bansos Rp300 Ribu Akhir Tahun Ini, Bagaimana Cara Dapatnya? https://t.co/04IFW21gto
Puluhan Satwa Dilepasliar di ODTWA Argapura Majalengka https://t.co/hsgNwcrWEj
Gasak 20 Unit Motor, Polres Purwakarta Bekuk Bandit Curamor https://t.co/IevxUq2vuD
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter