FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Minum Air Kelapa Tapi Koq Badan Malah Jadi Lemas, Kenapa?

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pernahkah Anda bertanya, kenapa setelah minum air kelapa badan menjadi lemas bahkan tidak bertenaga sama sekali? Padahal, air kelapa biasa menyegarkan dan ringan di perut, karena mengandung komposisi elektrolit yang sarat dengan nutrisi dan membantu mendinginkan tubuh.

Air kelapa muda merupakan sumber serat, vitamin C dan beberapa mineral penting yang baik. Apalagi saat berbuka, minum air kelapa terasa menyegarkan sehingga kita lebih banyak meminumnya dibandingkan air putih. Tetapi tiba-tiba badan pun menjadi tidak bertenaga.

BACA JUGA: Berbahan Limbah Kelapa Sawit, Peneliti Indonesia Bikin Layar Antiretak

Meskipun dianggap sebagai minuman ajaib, beberapa aspek air kelapa harus dipertimbangkan sebelum dinikmati. Air kelapa yang kaya akan kalium, mangan, magnesium, folat, selenium dan kalsium justru bisa memiliki efek samping terhadap tubuh. Apa saja?

Kenapa Minum Air Kelapa Badan Menjadi Lemas

1. Memiliki Sifat Diuretik

Mengkonsumsi terlalu banyak air kelapa dapat membuat Anda sering buang air kecil. Air kelapa mengandung kalium dalam jumlah tinggi, yang bertindak sebagai diuretik alami, membantu ginjal mengeluarkan air. Ini berarti ginjal harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan air sehingga badan akan terasa lebih lemas.

2. Tinggi Gula, Tidak Cocok untuk Diabetes

Air kelapa diminum sebagai alternatif jus, karena dianggap rendah gula. Secangkir air kelapa mengandung 6,26 gram gula. Jadi, konsumsi air kelapa harus dihindari oleh penderita diabetes yang justru memiliki efek membuat lemas setelah mengonsumsinya.

Untuk penderita diabetes: Orang dengan gula darah sebaiknya tidak meminumnya setiap hari. Meskipun air kelapa tidak mengandung gula sebanyak minuman olahraga dan jus buah, air kelapa mengandung terlalu banyak kalori.

3. Bertindak Sebagai Pencahar

Minum air kelapa berlebih tidak bisa menjadi praktik yang sehat, karena dapat memiliki efek pencahar pada sistem pencernaan. Orang yang memiliki sindrom iritasi usus besar harus menghindari konsumsi terlalu banyak air kelapa. Kekurangan air dalam tubuh bisa membuat badan menjadi lemas.

BACA JUGA: Air Kelapa Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

4. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa dapat menurunkan tekanan darah Anda. Minum air kelapa berlebih dapat menurunkan tekanan darah Anda secara signifikan. Orang yang menderita tekanan darah rendah harus membatasi asupan air kelapa. Itulah di antaranya kenapa setelah minum air kelapa badan justru menjadi lemas.

Catatan: Jika Anda sedang minum obat untuk tekanan darah tinggi, itu mungkin menyebabkan tekanan darah Anda turun terlalu rendah.

5. Dapat Mempengaruhi Tingkat Sodium

Menurut Departemen Pertanian Amerika, satu cangkir air kelapa segar mengandung 252 mg sodium. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang, tetapi orang dengan tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, harus menghindari atau membatasi asupan air kelapa.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Wisatawan dan Pengelola Destinasi Wisata Harus Sama-sama Taat Prokes https://t.co/lwR63ehSRg
Ratusan Kendaraan Dari Bandung Menuju Subang Diputar Balik https://t.co/KtdU8qC6Iz
Pemimpin Hamas Kirim Surat Ke Jokowi, Isinya Bikin Haru https://t.co/ZmaUcrNjnd
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter