FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Minum Susu Saat Sahur Ternyata Punya Manfaat yang Dahsyat

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Manfaat minum susu saat sahur adalah sumber protein terbaik. Mampu menjaga sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, sampai sumber vitamin yang dapat diandalkan. Susu adalah cairan berwarna putih yang sumbernya dari kelenjar mamae binatang mamalia melalui pemerahan.

Dalam satu gelas susu terdapat zat makanan lengkap dan seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Zat lengkap dan seimbang inilah yang mendukung manfaat minum susu saat sahur. Mengonsumsi susu saat sahur pun baik untuk sumber energi dan tidak bikin lemas dikeesokan hari.

BACA JUGA: Satu Keluarga di Sumedang Keracunan Usai Buka Puasa Tumis Kangkung Campur Oli

Hal yang perlu dijadikan catatan agar manfaat minum susu saat sahur bisa maksimal adalah seimbangkan konsumsinya dengan karbohidrat tambahan. Akan lebih baik dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau putih, karena susu tidak bisa dijadikan sumber energi utama saat puasa.

Berikut manfaat minum susu saat sahur yang kami ulas dari Liputan6.com :

Sumber Protein

Susu merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung ratusan asam lemak yang berbeda. Susu dianggap sebagai protein lengkap. Ini yang membuat manfaat minum susu saat sahur dapat diandalkan. Susu pun mengandung semua sembilan asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk berfungsi pada tingkat optimal.

Ada dua jenis utama protein yang ditemukan dalam susu, yakni kasein dan protein whey. Keduanya dianggap sebagai protein berkualitas tinggi dan membuat manfaat minum susu saat sahur wajib dicatat.

Namun, itu bukan berarti seseorang bisa sahur dengan hanya minum segelas susu. Manfaat minum susu saat sahur hanya sebagai sumber protein dan tak membuat perut kenyang lebih lama. Kalau ingin kenyang lebih lama, pastikan bahwa menu sahur yang dikonsumsi bersifat lengkap.

Bukan cuma protein dari susu. Misalnya, bisa menambahkan karbohidrat (akan lebih bagus lagi bila yang disajikan adalah karbohidrat kompleks karena ada kandungan seratnya, seperti nasi merah).

BACA JUGA: Minum Susu Sebaiknya Sebelum Tidur atau Pagi Hari?

Menjaga Sistem Pencernaan

Susu terdiri dari 80 persen kasein yang membawa mineral ke lokasi sasaran tubuh. Kasein berikatan dengan kalsium dan fosfor dan mengantarkannya ke saluran pencernaan. Nah, manfaat minum susu saat sahur ini mampu menjaga sistem pencernaan.

Hal ini dipengaruhi mineral yang dapat mempercepat pencernaan dengan menstimulasi pelepasan cairan pencernaan di perut. Kasein pun diketahui berpasangan dengan rantai asam amino kecil, yang disebut peptida.

Kompleks kasein-peptida ini membuat manfaat minum susu saat sahur dapat mencegah serangan patogen di saluran pencernaan. Tak heran bila kalsium dan protein susu mampu mengobati gangguan pencernaan, gastritis, tukak, sakit maag karena GERD, infeksi bakteri, dan kanker lambung.

Mengontrol Berat Badan

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Wisatawan dan Pengelola Destinasi Wisata Harus Sama-sama Taat Prokes https://t.co/lwR63ehSRg
Ratusan Kendaraan Dari Bandung Menuju Subang Diputar Balik https://t.co/KtdU8qC6Iz
Pemimpin Hamas Kirim Surat Ke Jokowi, Isinya Bikin Haru https://t.co/ZmaUcrNjnd
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter