FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ini Dia 10 Tips Tahan Lapar Saat Berpuasa

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Selain merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, puasa juga penting sebagai upaya pengendalian diri. Baik dari dosa, lapar dan haus, serta segala bentuk pemikiran dan tindakan negatif.

Rasa lapar yang dirasakan saat berpuasa terkadang membuat kita tidak fokus dan lalai dalam beribadah karena jadi terlalu fokus memikirnya keinginan perut yang keroncongan. Belum lagi keluhan lemas dan mengantuk.

Oleh karena itu, mengetahui cara menahan lapar saat puasa bisa berguna, lo, untuk mengoptimalkan kelancaran ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Perhatikan gizi dan porsi makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka

Dilansir The Times of India, dalam berpuasa, kamu harus cermat dalam memperhatikan gizi dan porsi makanan yang masuk ke dalam perut. Hal ini penting guna menjaga energi yang ada dalam tubuh, sehingga kamu tetap kuat sampai waktunya berbuka. Selain itu, ini juga penting agar kamu dapat mengendalikan pola makan agar lebih sehat.

Selain itu, dengan memperhatikan gizi dan porsi makanan yang masuk kedalam perut, kamu akan mampu untuk mengendalikan pola makan agar lebih sehat.

BACA JUGA:
Kendaraan yang Masuk Garut Tanpa Bawa Surat Bebas COVID-19 Harus Putar Balik
7 Buah-buahan Ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Apa Saja?
Subhanallah!, Ternyata Ada Manfaat Dahsyat Ketika Wanita Berpuasa

2. Latih pernapasan menjadi lebih baik

Kemampuan melakukan pernapasan dalam memiliki pengaruh pada tubuh. Ini dilakukan untuk mengoptimalkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa berguna untuk sel-sel tubuh.

Jika tidak, maka sel-sel dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik, yang bisa berujung pada kelelahan dan energi yang rendah. Oleh karena itu, penting untuk melatih dan mempraktikkan pernapasan dalam agar tubuh bisa bekerja dengan baik dan energi tetap terjaga.

Sebagai tips, dilansir Productive Muslim, kamu bisa melatihnya dengan bernapas lewat hidung, lalu tarik napas dalam menggunakan diafragma, dan bernapas lebih lambat.

3. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah

Dilansir Dummies, saat puasa biasanya kita rentan mengalami bosan dan lapar. Nah, ini bisa diatasi dengan mengerjakan pekerjaan rumah, seperti mencuci, menyetrika, membersihkan sepatu, menyapu halaman, dan sebagainya.

Aktivitas tersebut dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar yang menyerang, sehingga kamu bisa berpuasa dengan maksimal tanpa kendala yang berarti.

4. Pergilah jalan-jalan atau meditasi di rumah

Seperti dijelaskan di laman Healthline, bila merasa bosan, cobalah untuk jalan-jalan ke luar rumah sebentar saja. Cara ini bisa mengurangi rasa bosan dengan melihat suasana baru. Namun, karena kita masih dalam masa pandemi, tetap berhati-hati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, ya.

Kalau jalan-jalan dirasakan terlalu berisiko, kamu bisa melakukan meditasi di rumah. Meditasi dapat membuatmu lebih fokus dalam melakukan sesuatu. Meditasi bisa membantu menciptakan ketenangan untuk diri sendiri sehingga kamu bisa lebih relaks.

5. Sahur dengan makanan yang berprotein

Protein adalah salah satu makronutrien yang dibutuhkan tubuh kita. Saat sahur, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein karena ini dapat mengurangi rasa lapar pada sore hari.

Dilansir Men's Health, protein juga dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Semakin seimbang gula darah, maka semakin sedikit juga rasa lapar yang akan ditimbulkan.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Wisatawan dan Pengelola Destinasi Wisata Harus Sama-sama Taat Prokes https://t.co/lwR63ehSRg
Ratusan Kendaraan Dari Bandung Menuju Subang Diputar Balik https://t.co/KtdU8qC6Iz
Pemimpin Hamas Kirim Surat Ke Jokowi, Isinya Bikin Haru https://t.co/ZmaUcrNjnd
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter